%A NIM. 07420071 NASIH BURHANI %O Pembimbing: Dr. Abdul Munip,S.Ag, M.Ag. %T METODE SOROGAN SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN NONGRADASI BAHASA ARAB SANTRI ASRAMA SAKAN THULLAB PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 %X Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan penerapan metode sorogan di Asrama Sakan Thullab Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta, untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan metode sorogan sebagai model pembelajaran nongradasi dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan metode sorogan di Asrama Sakan Thullab Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan menerapkan pola fikir induktif yaitu proses berfikir dengan mengorganisasikan hasil pengamatan yang terpsah-pisah menjadi suatu rangkaian yang berhubungan. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data mengunakan inventori, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber datanya adalah pengasuh, Ustadz dan santri Asrama Sakan Thullab Pondok Pesantren Ali Maksum Yogyakarta. Kesimpulannya adalah: 1) Pelaksanaan program sorogan telah berjalan dengan baik dan sistematis dengan jelasnya tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, tenaga pengajar, teknis pelaksanaan dan evaluasinya. 2) Metode sorogan efektif sebagai model pembelajaran nongradasi sebagai upaya mengakomodasi kebutuhan masing-masing santri. 3) Faktor yang mendukung metode ini yaitu : (a) Peserta didik tinggal di dalam satu asrama, (b) Adanya pengajaran elemen-elemen bahasa secara terpisah-pisah dan (c) Fasilitas yang memadai. Faktor yang menghambat yaitu: (a) Terbatasnya jumlah dan kualitas guru, (b) Kurangnya persiapan santri dan (c) Adanya ketergantungan santri terhadap buku terjemahan. Kata Kunci : Sorogan, Perbedaan Individu, Model Pembelajaran Nongradasi. %K Sorogan, Perbedaan Individu, Model Pembelajaran Nongradasi. %D 2013 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib11737