<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP KEWARISAN DALAM AL-QUR’AN\r\n(STUDY ATAS PENAFSIRAN MUHAMMAD SYAḤRŪR TERHADAP\r\nAYAT-AYAT WARIS)\r\n"^^ . "Kajian al-Qur‟an selalu mengalami perkembangan yang cukup dinamis,\r\nseiring dengan akselerasi perkembangan kondisi sosial-budaya dan peradaban\r\nmanusia. Hal ini terbukti dengan munculnya karya-karya tafsir, mulai dari yang\r\nklasik sampai kontemporer, dengan berbagai corak, metode dan pendekatan yang\r\ndigunakan.Seiring berkembangnya fenomena Islam dalam suatu masyarakat sudah\r\nsaatnya tidak hanya ditinjau dari sisi normativitasnya saja. Ilmu sosial humaniora\r\ndan komunikasi sangat diperlukan untuk mengkaji aspek historis-kultural dari\r\nsuatu fenomena keagamaan. Desakan itu semakin kuat karena perbedaan milieu\r\nsuatu masyarakat agama meniscayakan adanya interpretasi terhadap teks-teks\r\nnormatif agama, salah satu bentuk interpretasi itu adalah penafsiran baru terhadap\r\nayat-ayat waris. Berangkat dari hal tersebut, penulis mencoba menelusuri lebih\r\njauh bagaimana interpretasi baru terhadap ayat-ayat waris yang di asumsikan\r\nsebagai ayat-ayat yang masuk dalam kategori qaṭʻiy al-dallah dan Muḥkām.\r\nPokok masalah yang menjadi bahasan penulis dalam skripsi ini adalah:\r\npertama, bagaimana pola (metodologi dan corak) penafsiran Muhammad Syahrur\r\nterhadap ayat-ayat waris dalam al-Qur‟an. Kedua, bagaimana penafsiran\r\nMuhammad Syahrur terhadap ayat-ayat waris dalam al-Qur‟an. Ketiga,\r\nbagaimana relevansi penafsiran Muhammad Syahrur dalam konteks\r\npendistribusian waris pada masyarakat Indonesia.\r\nDari penelitian yang penulis lakukan, dapat dipahami bahwa pola dan\r\ncorak penafsiran Muhammad Syahrur dalam menafsirkan ayat-ayat waris adalah\r\ndengan menerapkan beberapa langkah metodologis: pertama; penguasaan\r\nterhadap bahasa Arab, dengan berpegang pada prinsip la taraduf, di mana setiap\r\nkata pada hakekatnya memiliki lebih satu makna, karena setiap kata merupakan\r\nsarana yang membantu memperoleh makna. Kedua: memahami perbedaan antara\r\npengertian inzal dan tanzil. Pengertian inzal dan tanzil bagi Syahrur cukup\r\npenting dalam mengkaji al-Qur'an. Dengan memahami kedua konsep ini maka\r\npengkaji bisa membedakan antara wujud obyektif (al-tanzil.) dengan\r\npengetahuan manusia sebagai sebuah kesadaran (inzal). Ketiga; tartil (kajian\r\ntematik). Mengenai penafsiran Muhammad Syahrur terhadap ayat-ayat waris,\r\nyang dibahas adalah kasus berkumpulnya dua jenis kelamin laki-laki dan\r\nperempuan secara bersamaan. Penjelasan yang diuraikan dalam surah an-Nisāʼ\r\n[4]: 11, 12, dan 176 meliputi pembagian waris bagi anak-anak ke bawah (al-furu’,\r\nmahma nazalu), orang tua ke atas (al-ushul mahma ʻalau), suami istri, saudara,\r\nmaupun perihal orang mati punah (al-kalalah), yaitu tidak meninggalkan al-furuʻ\r\ndan al-ushul. Sehingga dengan demikian, menurutnya, pihak-pihak yang tidak\r\ndisebut dalam ketiga ayat waris di atas, seperti paman, anak laki-laki paman dan\r\nseterusnya, adalah merupakan pihak-pihak yang sama sekali tidak berhak\r\nmemperoleh bagian apapun dari harta warisan. Sedangkan relevansi pemikiran\r\nMuhammad Syahrur dalam konteks kewarisan di Indonesia adalah pada “Teori\r\nBatasnya”. Dari sini ada relevansi yang cukup jelas antara Teori Batas yang\r\ndigagas oleh Syahrur, dan upaya pembaharuan hukum Islam yang diharapkan\r\ntumbuh berkembang berkeadilan, dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat.\r\n"^^ . "2014-01-13" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09530009"^^ . "BAHRUL ʻULUM "^^ . "NIM. 09530009 BAHRUL ʻULUM "^^ . . . . . . "KONSEP KEWARISAN DALAM AL-QUR’AN\r\n(STUDY ATAS PENAFSIRAN MUHAMMAD SYAḤRŪR TERHADAP\r\nAYAT-AYAT WARIS)\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSEP KEWARISAN DALAM AL-QUR’AN\r\n(STUDY ATAS PENAFSIRAN MUHAMMAD SYAḤRŪR TERHADAP\r\nAYAT-AYAT WARIS)\r\n (Text)"^^ . . . "KONSEP KEWARISAN DALAM AL-QUR’AN\r\n(STUDY ATAS PENAFSIRAN MUHAMMAD SYAḤRŪR TERHADAP\r\nAYAT-AYAT WARIS)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP KEWARISAN DALAM AL-QUR’AN\r\n(STUDY ATAS PENAFSIRAN MUHAMMAD SYAḤRŪR TERHADAP\r\nAYAT-AYAT WARIS)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP KEWARISAN DALAM AL-QUR’AN\r\n(STUDY ATAS PENAFSIRAN MUHAMMAD SYAḤRŪR TERHADAP\r\nAYAT-AYAT WARIS)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP KEWARISAN DALAM AL-QUR’AN\r\n(STUDY ATAS PENAFSIRAN MUHAMMAD SYAḤRŪR TERHADAP\r\nAYAT-AYAT WARIS)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KONSEP KEWARISAN DALAM AL-QUR’AN\r\n(STUDY ATAS PENAFSIRAN MUHAMMAD SYAḤRŪR TERHADAP\r\nAYAT-AYAT WARIS)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP KEWARISAN DALAM AL-QUR’AN\r\n(STUDY ATAS PENAFSIRAN MUHAMMAD SYAḤRŪR TERHADAP\r\nAYAT-AYAT WARIS)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP KEWARISAN DALAM AL-QUR’AN\r\n(STUDY ATAS PENAFSIRAN MUHAMMAD SYAḤRŪR TERHADAP\r\nAYAT-AYAT WARIS)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP KEWARISAN DALAM AL-QUR’AN\r\n(STUDY ATAS PENAFSIRAN MUHAMMAD SYAḤRŪR TERHADAP\r\nAYAT-AYAT WARIS)\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #11757 \n\nKONSEP KEWARISAN DALAM AL-QUR’AN \n(STUDY ATAS PENAFSIRAN MUHAMMAD SYAḤRŪR TERHADAP \nAYAT-AYAT WARIS) \n\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . .