eprintid: 11762 rev_number: 32 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/17/62 datestamp: 2014-04-11 00:34:25 lastmod: 2017-05-02 06:55:56 status_changed: 2014-04-11 00:34:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NIDA’UL MUNAFIAH, NIM. 09420103 title: UPAYA PENINGKATAN MAHĀRAH AL KALĀM MELALUI MUḤĀḌARAH SANTRI PUTRI PESANTREN ISLAM AL IMAN MUNTILAN TAHUN 2012/2013 ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: al kalam, muhadarah, santri note: Pembimbing: Dr. Abdul Munip, M.Ag. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya peningkatan Mahārah Al Kalām melalui Muḥāḍarah santri putri Pesantren Islam Al Iman Muntilan tahun 2012/2013. Objek Penelitian adalah santri putri kelas I, II, dan IV yang berjumlah 33 santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu dengan teknik penelitian lapangan (Field research). Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengamatan (observasi), wawancara (interview) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses kegiatan Muḥāḍarah yang dilaksanakan pada santri putri kelas I, II, dan IV Pesantren Islam Al Iman Muntilan, cukup berjalan dengan optimal. Interaksi antar elemen kegiatan Muḥāḍarah (ri‟ayah, OSPIA, dan santri) mampu berjalan dengan baik. Tujuan kegiatan Muḥāḍarah sebagai salah satu program pengembangan bahasa santri dapat terwujudkan dan mencapai target yang diinginkan hal itu dapat dilihat pada hasil nilai santri. Teknik penilaian kegiatan Muḥāḍarah yang digunakan Pesantren Islam Al Iman Muntilan dilihat dari aspek penilaiannya belum sesuai dengan aspek penilaian kegiatan Muḥāḍarah sebagai upaya peningkatan Mahārah Al Kalām. Hal ini terbukti dari lembar format penilaian kegiatan Muḥāḍarah yang hanya meliputi lima aspek yaitu : Isi, Tata Bahasa, Mimik, Intonasi, dan Pelafalan, yang sebaiknya penilaian kegiatan Muḥāḍarah sebagai teknik penilaian Mahārah Al Kalām meliputi dua aspek yaitu : pertama, aspek bahasa yang terdiri dari pengucapan vokal, pengucapan konsonan, penempatan tekanan, penempatan persendian, pemakaian nada dan irama, pilihan kata, pilihan ungkapan, bentuk dan susunan kalimat, variasi, dan kenyaringan atau kejelasan. Kedua, aspek non bahasa yang terdiri dari kelancaran, penguasaan topik, ketrampilan, relevansi/penalaran, keberanian, kelincahan, ketertiban, kerajinan, dan semangat. date: 2013-10-23 date_type: published pages: 128 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAK. ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NIDA’UL MUNAFIAH, NIM. 09420103 (2013) UPAYA PENINGKATAN MAHĀRAH AL KALĀM MELALUI MUḤĀḌARAH SANTRI PUTRI PESANTREN ISLAM AL IMAN MUNTILAN TAHUN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11762/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11762/2/BAB%20II%2C%20III.pdf