TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Murtono, M.Si. ID - digilib11807 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11807/ A1 - MOH. IHSAN KHOERONI, NIM. 07690001 Y1 - 2014/03/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan hasil belajar IPA Fisika menggunakan metode learning cell multitutor dan menggunakan metode tutor sebaya di MTs, metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi experimental research) dengan rancangan eksperimen non equivalent control group design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VII MTs Mihadunal Ula, Sukabumi tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari dua kelas yaitu Kelas VII A sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen II, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh artinya semua anggota populasi menjadi subjek penelitian. Materi pokok yang digunakan adalah wujud zat dan perubahanya Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar tes yaitu pretest dan posttest Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptifnya adalah hasil belajar IPA Fisika kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II ketika diuji statistik deskriptif ternyata mendapatkan rata-rata hasil yang berbeda kelas eksperimen I mendapatkan 82 sedangkan kelas eksperimen II mendapatkan 81, artinya kedua kelas tersebut memiliki perbedaan rata-rata hasil posttest maka dapat dikatakan penggunaan metode learning cell multitutor mendapatkan rata-rata hasil belajar IPA Fisika siswa lebih unggul dari pada menggunakan metode tutor sebaya di kelas VII MTs Mihadunal ula Sukabumi tahun pelajaran 2012/2013. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata Kunci : Learning cell multitutor KW - tutor sebaya KW - wujud zat dan perubahannya. M1 - skripsi TI - STUDI PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA MENGGUNAKAN METODE LEARNING CELL MULTITUTOR DAN METODE TUTOR SEBAYA di MTs MIHADUNAL ULA SUKABUMI AV - restricted ER -