eprintid: 11809 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/18/09 datestamp: 2014-04-10 05:54:34 lastmod: 2016-03-07 02:35:49 status_changed: 2014-04-10 05:54:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SITI MARKHUMAH , NIM. 09680028 title: PENGARUH MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) DENGAN PENDEKATAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP MOTIVASI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci: Model Siklus Belajar (Learning Cycle), Lingkungan, Sumber Belajar, Motivasi Belajar, Keterampilan Proses Sains, Jamur. note: Pembimbing : Yuni Wibowo, M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan menggunakan model siklus belajar (learning cycle) dengan pendekatan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa dan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X di SMA N I Pejagoan. Sampel diambil secara acak, kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan X IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian pretest dan posttest untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa dan angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample ttest dan uji mann whitney, uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan katerampilan proses sains siswa pada kelas yang menggunakan model siklus belajar (learning cycle) dengan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dibandingkan dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan uji-t yang diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 dan selisih rata-rata sebesar -10,5765. Namun pada motivasi belajar tidak ada perbedaan antara kelas kontrol maupun eksperimen. Berdasarkan hasil uji-U diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0,674 > 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran tersebut berpengaruh terhadap keterampilan proses sains, tetapi tidak berpengaruh pada motivasi belajar siswa. date: 2014-02-05 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SITI MARKHUMAH , NIM. 09680028 (2014) PENGARUH MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) DENGAN PENDEKATAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP MOTIVASI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11809/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11809/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf