@phdthesis{digilib1181, month = {July}, title = {PLAY THERAPY ISLAMI DALAM MELATIH KETERAMPILAN SOSIALISASI ANAK DENGAN RETARDASI MENTAL RINGAN (Studi Di Asa Center Surakarta)}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { EKA DEWI WARDATUL JANNAH - NIM. 01220617}, year = {2008}, note = {Pembimbing : Dra. Nurjannah, M.Si.}, keywords = {Play Therapy Islami, Keterampilan Sosialisasi Anak, Retardasi Mental Ringan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1181/}, abstract = { ABSTRAK Di Indonesia banyak ditemukan kasus gangguan perkembangan baik fisik maupun mental. Hal tersebut disebabkan oleh kondisi sosio-ekonomi yang buruk, malnutrisi, trauma dan lain-lain. Salah satu diantaranya adalah retardasi mental atau masyarakat biasa menyebutnya dengan cacat mental atau tuna grahita. Tiap dokter atau guru pernah menghadapi anak dengan retardasi mental atau anak dengan perkembangan mental terbelakang, karena jumlahnya cukup banyak sekitar 1-3 \% dari seluruh jumlah anak merupakan penyandang retardasi mental. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimanakah keterampilan sosialisasi pada anak retardasi mental tipe ringan di Asia Center? 2. Bagaimana nilai-nilai Islami diterapkan dalam play therapy pada anak retardasi mental tipe ringan di Asia Center?. Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1. Ingin mengetahui keterampilan sosialisasi pada anak retardasi mental tipe ringan di Asia Center. 2. Ingin mengetahui nilai-nilai Islami yang diterapkan dalam play terapi pada anak retardasi mental tipe ringan di Asia Center. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : 1. Keterampilan sosialisasi pada anak retardasi mental tipe ringan di Asia Center cenderung kemampuan sosialisasinya sangat terbatas, ditandai oleh hal sebagai berikut: pertama, memiliki kemampuan berpikir konkret dan suka berpikir. Kedua, mengalami kesulitan dalam konsentrasi. Ketiga, tidak mampu menyimpan instruksi yang sulit. Keempat, kurang mampu menganalisis dan menilai kejadian yang dihadapinya. Kelima, kesulitan dalam bidang akademik, khususnya membaca dan menulis. 2. Nilai-nilai Islami yang diterapkan dalam play therapy atau terapi bermain pada anak retardasi mental tipe ringan di Asia Center melalui : pertama. permainan boneka dengan cerita Islami. Kedua, permainan kelompok bernuansa Islami yang diinteraksikan dengan play therapy atau terapi bermain, meliputi penanaman akidah dan pendidikan ibadah. } }