TY - THES ID - digilib11814 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11814/ A1 - AFRIZAL S, NIM. 10420082 Y1 - 2014/03/15/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pangajaran Bahasa Arab dengan menggunakan buku ?belajar Bahasa Arab? dalam kemahiran membaca di MI Ma?arif Bego Depok Sleman Yogyakarta serta juga untuk mengetahui keefektivitasan pengajaran Bahasa Arab Kelas V di MI Ma?arif Bego Depok Sleman Yogyakarta. Dalam hal ini diharapkan menjadi Karya Tulis Ilmiah guna menambah wawasan pengetahuan bagi para pendidik dalam bidang pengajaran dan mampu memilih metode yang tepat dalam penagajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif, metode yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini adalah metode Observasi, Wawancara, Angket dan Dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan cara memberikan makna terhadap data yang sudah berhasil dikumpulkan, penyajian data yang sudah berhasil dikumpulkan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 2). Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di MI Ma?arif Bego Depok Sleman Yogyakarta yang diutamakan adalah kemampuan siswa dalam membaca sebuah teks dengan Makhorijul huruf yang baik dan benar, adapun teknis pembelajaranya dengan cara siswa disuruh mentup bukunya terlebih dahulu dan menyimak apa yang di ucapkan oleh guru, kemudian siswa di suruh mengikuti apa yang barusan telah d ucapkan oleh guru, 1). Efektivitas pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan buku ?belajar Bahasa Arab? siswa kelas V di MI Ma?arif Bego Depok Sleman Yogyakarta menunjukkan sudah ?Efektif?, serta dapat di ketahui dari menggunakan analisa rata-rata angket (mean) yaitu dengan hasil ?Bagus? %56,37 yaitu sesuai dengan buku Suharsimi Arikunto yaitu ,,-%7 dan hasil dari penelitian sebagian besar anak-anak sudah bisa membaca PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V DI MI MA?ARIF BEGO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN BUKU ? BELAJAR BAHASA ARAB ? AV - restricted ER -