%0 Journal Article %A NANANG MIZWAR HASYIM, - %D 2013 %F digilib:11840 %J ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN FIGUR SOEKARWO DAN KHOFIFAH DALAM KAMPANYE PILKADA JATIM TAHUN 2013 DI JAWA POS %T ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN FIGUR SOEKARWO DAN KHOFIFAH DALAM KAMPANYE PILKADA JATIM TAHUN 2013 DI JAWA POS %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11840/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis terhadap pemberitaan Jawa Pos yang di opinikan telah berpihak pada satu pasangan dalam pemilihan Gubernur Jawa Timur 2013. Penelitian ini menggunakan metode framing Model Pan dan Kosicki berasumsi dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana konstruksi berita dan representasi yang diberikan kepada Soekarwo dan Khofifah dalam pemberitaan di Jawa Pos. Penelitian ini menyimpulkan bahwa rekonstruksi berita dilakukan dengan cara pertama penulisan berita yang menonjolkan karakter, kredebilitas dan reputasi kandidat. Kedua, pemberian simbol berupa foto lebih diutamakan dari pada kata, dengan mengutamakan penekanan pada karakter aktor dalam berita. ketiga peristiwa ditempatkan menjadi tema yang terpinggirkan dari pada tema tentang karakter para figur. Selanjutnya dalam penelitian ini juga menyimpulkan ada beberapa enam pencintraan yang di representasikan untuk Soekarwo, yaitu 1). Citra Familiar, 2). Citra peduli dan pro rakyat, 3). Maskulin, 4). Citra visioner, 5). Citra Pergaulan, 6). Citra kompak dan damai. Sedangkan representasi untuk Khofifah adalah 1) citra Maskulin dan citra pergaulan (bersifat Bkontradiktif dengan Budaya Masyarakat), 2). Pencitraan sebagai pasangan yang tidak kompak dan tidak bisa damai. %Z Key word : Konstruksi,representasi, analisi framing