%A - LAILATU ROHMAH, M.S.I %J MANAJEMEN DESAIN LINGKUNGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI KOMPARASI DI TK CERIA TIMOHO DAN RA SAHABAT BERBAH) %T MANAJEMEN DESAIN LINGKUNGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI KOMPARASI DI TK CERIA TIMOHO DAN RA SAHABAT BERBAH) %X Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah di atas, peneliti merumuskan beberapa masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana manajemen desain lingkungan pendidikan anak usia dini di TK Ceria dan RA Sahabat ditinjau dari segi fungsi-fungsi manajemennya? 2. Bagaimana optimalisasi pemanfaatan lingkungan pendidikan anak usia dini di TK Ceria dan RA Sahabat? 3. Apa saja faktor-faktor yang mendukung dan yang menghambat manajemen desain lingkungan pendidikan anak usia dini di TK Ceria dan RA Sahabat? ----- Tujuan dan Kegunaan Berdasarkan latar belakang masalah dan rumusan masalah di atas, tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui manajemen desain lingkungan pendidikan anak usia dini di TK Ceria dan RA Sahabat ditinjau dari segi fungsi-fungsi manajemennya. 2. Untuk mengetahui optimalisasi pemanfaatan lingkungan pendidikan anak usia dini di TK Ceria dan RA Sahabat. 3. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat manajemen desain lingkungan pendidikan anak usia dini di TK Ceria dan RA Sahabat. Selanjutnya, penelitian ini diharapkan mempunyai kegunaan yang bersifat teoritis maupun praktis. Kegunaan penelitian ini adalah: 1. Bagi peneliti, menambah pengetahuan teoritis dan praktis khususnya berkenaan dengan fokus penelitian. 2. Secara teoritis, penelitian ini diharapkan memberikan konstribusi ilmiah terhadap perkembangan pendidikan di lembaga pendidikan, khususnya Taman Balita, Taman Kanak-kanak/Raudhatul Athfal terutama yang berkaitan dengan manajemen desain lingkungan. 3. Secara praktis, penelitian ini mampu memberikan masukan dan perbaikan dalam manajemen desain lingkungan belajar, khususnya lingkungan pendidikan anak usia dini di TK Ceria dan RA Sahabat. %D 2013 %L digilib11864