<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI BELAJAR ANAK (Studi pada kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem tahun ajaran 2012/2013)"^^ . "Nur Muhammad. Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Bahasa\r\nArab ditinjau Dalam Perspektif Psikologi Belajar Anak (Studi pada siswa kelas lima\r\nSekolah Dasar Muhammadiyah di Pakem tahun ajaran 2012/2013) skripsi.\r\nYogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan\r\nKalijaga 2013.\r\nSD Muhammadiyah Pakem adalah sebuah lembaga pendidikan formal\r\nberbasis agama yang salah satunya mengajarkan Bahasa Arab semenjak kelas satu\r\nhingga kelas enam. Adanya pelajaran bahasa Arab yang diajarkan di sekolah ini,\r\nmenarik penulis untuk meneliti tentang bagaiman motivasi siswa dalam mengikuti\r\npembelajaran bahasa Arab.\r\nKarakteristik siswa pada umur sekolah dasar sangatlah spesifik jika dibanding\r\npendidikan orang dewasa, karena diusia sekolah dasar inilah masa anak-anak akan\r\nberakhir.\r\nOleh karena itu sangat dibutuhkan sebuah informasi penting mengenai corak\r\ndan karakter seorang anak dalam belajar.\r\nPenelitian ini akan berusaha mengungkap apa dan bagaimana sebuah\r\nmotivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian ini\r\nnantinya dapat memberikan solusi serta informasi terhadap pembelajaran di usia dini\r\ntersebut. Ditinjau dari jenisnya penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Sedangkan\r\nditinjau dari jenis datanya termasuk penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan\r\ndata dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk\r\nmenganalisis data menggunakan metode induktif dan komparatif dengan teknik\r\nanalisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan dan menganalisa data dengan kata-kata atau\r\nkalimat yang dipisah-pisahkan menurut kategori agar diperoleh suatu kesimpulan.\r\nHasil dari penelitian menunjukan bahwa 72,2 % sumber motivasi siswa\r\nberasal dari faktor di luar diri siswa (ekstrisik). Dan 16 % sumber motivasi berasal\r\ndari dalam diri siswa (intrisik).\r\nAda beberapa hal yang membuat respons siswa menjauh terhadap\r\npembelajaran bahasa Arab, diantaranya adalah; ketidaksiapan siswa mengikuti\r\npembelajaran Bahasa Arab dan beban materi yang dirasa berat bagi anak seusia\r\nsekolah dasar.\r\nDalam diri siswa SD Muhammadiyah Pakem terjadi pula krisis motivasi.\r\nAdapun penyebab krisis motivasi pada diri siswa antara lain, yang pertama; adalah\r\nkekaburan cita-cita ( kemahiran bahasa Arab) setelah lulus sekolah. Dan yang kedua\r\nadalah kurangnya perhatian (respons) dari pihak keluarga siswa.\r\nUntuk mengurangi respons menjauh serta krisis motivasi yang terjadi pada\r\nsiswa upaya yang dilakukan adalah mendekatkan tujuan (pace-making),\r\nmenyederhanakan materi.\r\nKata kunci : Motivasi siswa, psikologi belajar"^^ . "2013-11-12" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAK. ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 06420001"^^ . "NUR MUHAMMAD"^^ . "NIM. 06420001 NUR MUHAMMAD"^^ . . . . . . "MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI BELAJAR ANAK (Studi pada kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem tahun ajaran 2012/2013) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI BELAJAR ANAK (Studi pada kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem tahun ajaran 2012/2013) (Text)"^^ . . . . . "MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI BELAJAR ANAK (Studi pada kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem tahun ajaran 2012/2013) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI BELAJAR ANAK (Studi pada kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem tahun ajaran 2012/2013) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI BELAJAR ANAK (Studi pada kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem tahun ajaran 2012/2013) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI BELAJAR ANAK (Studi pada kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem tahun ajaran 2012/2013) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI BELAJAR ANAK (Studi pada kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem tahun ajaran 2012/2013) (Other)"^^ . . . . . . "MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI BELAJAR ANAK (Studi pada kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem tahun ajaran 2012/2013) (Other)"^^ . . . . . . "MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI BELAJAR ANAK (Studi pada kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem tahun ajaran 2012/2013) (Other)"^^ . . . . . . "MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI BELAJAR ANAK (Studi pada kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem tahun ajaran 2012/2013) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #11883 \n\nMOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI BELAJAR ANAK (Studi pada kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem tahun ajaran 2012/2013)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Bahasa Arab"@id . .