TY - THES N1 - PEMBIMBING: M. Agus Nuryatno, MA, Ph.D ID - digilib11887 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11887/ A1 - NUR ROHMAN, NIM. 09470174 Y1 - 2013/10/28/ N2 - Penelitian ini berlatar belakang dari dampak pendidikan nasional yang mulai meninggalkan nilai moral. Sehingga banyak dari peserta didik yang dinilai tidak mempunyai kesantunan. Sesungguhnya tujuan utama dari pendidikan Islam ialah pembentukan akhlak dan budi pekerti yang sanggup menghasilkan orang-orang yang bermoral, jiwa yang bersih, dan tahu membedakan baik dengan buruk. Sehingga penulis tertarik untuk mengkaji bagaimanakah konsep pendidikan akhlak HAMKA dan Zakiah Daradjat, yang nantinya akan dapat memecahkan masalah-masalah moral yang terjadi di negeri ini. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan akhlak menurut HAMKA dan Zakiah Daradjat, (2) Mengetahui komparasi konsep pendidikan akhlak menurut HAMKA dan Zakiah Daradjat. Penelitian ini menggunakan jenis peneltian Studi Pustaka (Library Research), ialah penelitian teknik pengumpulan datanya dilakukan di perpustakaan dengan didasarkan atas pembacaan-pembacaan terhadap literature yang memiliki informasi serta memiliki relevansi dengan topik penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis. Metode yang digunakan untuk menganalisis isi adalah (Content Analisis), metode ini merupakan analisis ilmiah mengenai isi pesan sebuah pemikiran. Dalam konteks ini peneliti mengkaji dari pemikiran HAMKA dan Zakiah Daradjat mengenai konsep pendidikan akhlak. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) konsep pendidikan akhlak menurut HAMKA ada empat keutamaan, yaitu: (a) syaja?ah berarti berani karena benar dan takut karena salah. (b) Iffah yang artinya kesanggupan menahan diri. (c) Hikmat, artinya bijaksana. (d) ?adl, Keadilan adalah perangai mulia dari akal budi, dari pada nafsu marah dan syahwat. (2) Konsep pendidikan akhlak menurut Zakiah Daradjat empat faktor, yaitu: (a) Perasaan adalah tanggapan pancaindra yang mempertimbangkan baik atau buruk, salah atau benar. (b) pikiran yaitu menggunakan pikiran untuk mempertimbangkan dan memutuskan mana yang yang baik atau buruk, benar atau salah. (c) Kelakuan adalah perbuatan, tingkah laku, perangai, perihal tentang keadaan. (d) Sehat Badan adalah baik seluruh badan serta bagian-bagiannya bebas dari sakit yang mendatangkan kebaikan. (3) Persamaan konsep pendidikan akhlak menurut HAMKA dan Zakiah Daradjat adalah keduanya sama-sama menekankan dasar pendidikan akhlak adalah ajaran agama Islam dan dengan akhlak dapat menjadikan hidup lebih baik dan ketenangan dalam jiwa. (4) Perbedaan, pertama, Dalam penentuan istilah konsep pendidikan akhlak dan faktor-faktornya antara HAMKA dan Zakiah Daradjat, maknanya yang hampir sama. Kedua, Dalam cara menjaga kesehatan jiwa menurut HAMKA ini lebih menekankan perilaku sehari-hari yang selalu kita jalani. Sedangkan cara menjaga kesehatan mental Zakiah Daradjat lebih menekankan pada pengendalian perasaan, pikiran dan sudut pandang yang direalisasikan dalam bentuk perbuatan. Kata Kunci : Konsep Pendidikan Akhlak, HAMKA, Zakiah Daradjat. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Konsep Pendidikan Akhlak KW - HAMKA KW - Zakiah Daradjat. M1 - skripsi TI - STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT HAMKA DAN ZAKIAH DARADJAT AV - restricted EP - 103 ER -