eprintid: 11890 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/18/90 datestamp: 2014-04-17 00:41:21 lastmod: 2014-04-17 00:41:21 status_changed: 2014-04-17 00:41:21 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NURUL SETYONO, NIM. 09410214 title: KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENGELOLA SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PAI KELAS XI SMA N 5 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted note: PEMBIMBING: Drs. Moch. Fuad abstract: Latar belakang penelitian ini adalah tersedianya berbagai sumber belajar PAI di SMA N 5 Yogyakarta seperti perpustakaan, masjid, ruang kelas, ruang multimedia, LCD, papan tulis, Al-Qur'an, buku-buku PAI, dan perlengkapan ibadah. Guru PAI sebagai perancang dan pelaksana pembelajaran seharusnya mampu mengelola dan mendayagunakan sumber belajar tersebut untuk membantu kelancaran dan keberhasilan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI kelas XI dan mengetahui kompetensi profesional guru PAI dalam mengelola sumber belajar yang ada di SMA N 5 Yogyakarta sehingga bisa mencapai keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil obyek kompetensi professional guru PAI dalam mengelola sumber belajar pada pembelajaran PAI kelas XI SMA N 5 Yogykarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Dari makna itulah ditarik kesimpulan untuk menyusun hasil karya terkait kompetensi professional guru dalam mengelola sumber belajar. Sedangkan utnuk menguji keabsahan data digunakan metode trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran PAI kelas XI dilakukan dengan membuat perencanaan terlebih dahulu kemudian baru dilaksanaan pembelajaran. Perencanaan disusun dalam bentuk RPP dan silabus yang dibuat sekali pada awal semester. Pembelajaran PAI kelas XI IPA di lakukan di dalam kelas dengan memanfaatkan sumber belajar yang tersedia di kelas seperti LCD proyektor, whiteboard, Al- Qur'an dan buku paket. Sedangkan pembelajaran PAI di luar kelas memanfaatkan ruang perpustakaan, masjid dan ruang multimedia. (2) Kompetensi profesional guru PAI dalam mengelola sumber belajar sudah cukup baik karena hampir semua sumber belajar yang ada di SMA N 5 Yogyakarta digunakan untuk membantu pembelajaran. Pembelajaran PAI kelas XI IPA oleh Pak Arif telah memanfaatkan ruang kelas, ruang perpustakaan, dan masjid sebagai tempat belajar siswa. Disamping itu Pak Arif juga menggunakan berbagai sarana prasarana dan sumber belajar seperti LCD, proyektor, whiteboard, Al-Qur'an, dan buku PAI. Pembelajaran PAI kelas XI IPS oleh Ibu Mardiyah memanfaatkan ruang kelas dan ruang multimedia sebagai ruang belajar siswa serta mengotimalkan buku PAI dan whiteboard sebagai sumber belajar di kelas. date: 2013-11-11 date_type: published pages: 100 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAK. ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: NURUL SETYONO, NIM. 09410214 (2013) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENGELOLA SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PAI KELAS XI SMA N 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11890/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11890/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11890/5/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11890/6/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11890/7/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11890/8/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11890/9/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11890/10/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11890/11/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11890/12/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11890/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11890/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11890/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11890/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11890/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11890/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11890/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11890/22/small.jpg