%A - ASIM SEPTYANSYAH, S.SI %J RANCANG BANGUN ALAT PERAGA GAYA LORENTZ SEBAGAI UPAYA PENAMBAHAN ALAT PRAKTIKUM DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %T RANCANG BANGUN ALAT PERAGA GAYA LORENTZ SEBAGAI UPAYA PENAMBAHAN ALAT PRAKTIKUM DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %X Dari latar belakang masalah yang telah dikemukakan di atas, ada beberapa permasalahan yang dapat diangkat untuk dicarikan solusi agar terjadi kesesuian harapan dan realita yang sesungguhnya. Permasalahan-permasalahan tersebut adalah sebagai berikut: 1. Peran yang diamanahkan kepada laboratorium Terpadu sebagai pusat layanan akademik, pusat layanan penelitian, dan pusat layanan masyarakat, sementara sumber daya dari beberapa sisi masih mempunyai kendala 2. Terjadinya depresiasi alat yakni penurunan kualitas alat–alat di laboratorium baik itu adalah alat praktikum maupun alat penelitian, sementara tuntutan pengguna baik dari dalam UIN maupun dari luar UIN semakin meningkat. Depresiasi alat akan berpengaruh terhadap kinerja alat; baik kepekaan, nilai atau hasil yang terukur, akurasi, presisi, dan sebagainya. Di lain sisi perbaikan yang bertujuan untuk meng-up grade alat dibutuhkan pengetahuan dan ketrampilan mendalam atau penggantian sparepart yang sangat sulit didapatkan di Indonesia 3. Frekuensi dan intensitas penggunaan lab Fisika Dasar beserta alat-alat di dalamnya berpengaruh terhadap kondisi alat beserta ketercapaian kualitas akademik mahasiswa. Hal ini yang menjadi penyebab mahasiswa praktikum (praktikan) dan asisten praktikum mengeluhkan kondisi alat. Sehinggga harapan mereka adalah perbaikan alat atau penggantian alat yang baru, atau bahkan penambahan alat praktikum yang baru sehingga topic-topik praktkum dapat lebih bervariasi. Dari permasalahan-permasalahan di atas, peneliti mengambil permasalahan yang terkait di Lab Fisika Dasar UIN Sunan Kalijaga dengan menitik beratkan pada penambahan alat praktikum yang diwujudkan dalam bentuk alat peraga yang dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk praktikum, tetapi juga untuk kegiatan penelitian mahasiswa meskipun dalam lingkup yang lebih kecil. Alat peraga apa yang dibuat, mengingat dalam bidang fisika, topic atau bidang kajian sangatlah banyak. Ada berbagai topik dalam materi fisika, diantaranya mekanika, optik, gelombang, listrik, magnet, dan sebagainya. Alat peraga yang mengandung topic-topik tersebut hampir semua ada. Permasalahannya adalah bahwa alat peraga yang ada terkadang belum bisa menajamkan pemahaman peserta didik dikarenakan alat peraga yang ada sangat “instan”, sehingga konsep fisika yang seharusnya didapatkan oleh peserta didik jarang bisa dicapai secara optimal. Diantara topik yang belum dioptimalkan untuk dibuat alat peraga adalah prinsip gaya Lorentz. Oleh karena itu, pokok masalah yang diangkat dalam kegiatan penelitian ini adalah: 1. Bagaimana desain alat peraga prinsip Gaya Lorentz yang konkret, dan adanya konsep fisika yang benar? 2. Bagaimana unjuk kerja alat peraga prinsip Gaya Lorentz ? ----- TUJUAN DAN KEGUNAAN 1. Tujuan Tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah 1. Mendesain dan membuat alat peraga prinsip Gaya Lorentz yang konkret, dan adanya konsep fisika yang benar 2. Menguji unjuk kerja alat peraga prinsip Gaya Lorentz 2. Kegunaan Manfaat dengan adanya pembuatan alat peraga Gaya Lorentz adalah: 1. Menambah jumlah alat praktikum Fisika dasar dan sains 2. Pilihan topic praktikum menjadi lebih variatif 3. Memperpanjang usia alat. Karena dengan pemakaian alat yang bergantian akan mengurangi beban kerja yang akan mempercepat defisiensi alat 4. Alat peraga yang dihasilkan bisa ditawarkan kepada institusi lain, sehingga dari sini dapat menjadi program layanan yang dapat dijual ke publik %D 2013 %L digilib11901