%0 Thesis %9 Skripsi %A REVINA ZAINI RESTIA, NIM. 09470171 %B FAK. ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:11904 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K KTSP, Al-Qur’an Hadits, Ketuntasan Belajar %P 145 %T IMPLEMENTASI KTSP UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR AL- QUR’AN HADITS SISWA KELAS VIII MTs N NGAWEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012-2013 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11904/ %X Penelitian ini maksudkan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang Guru mengimplementasikan KTSP dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII, untuk mendiskripsikan bentuk yang dilakukan oleh guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas VIII. Serta untuk mengetahui hasil implementasi guru dalam meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas VIII di MTs N Ngawen Gunungkidul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan field research dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Kepala Bagian Kurikulum, Guru Matapelajaran Al-Qur’an Hadits, siswa dan karyawan. Metode analisis data menggunakan data kualitatif. Untuk mengecek keabsahan data di gunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa 1) Implementasi KTSP yang dilihat dari kriteria implementasi KTSP yang dilaksanakan oleh guru Al-Qur’an Hadits di kelas VIII MTs N Ngawen sudah cukup baik hanya saja kurang improvisasi sehingga pembelajaran sedikit menjenuhkan dan kurang efektif sehingga kondisi tersebut berimbas pada kurang maksimalnya proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VIII tersebut. 2) Bentuk Kegiatan yang dilakukan oleh guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa Kelas VIII MTs N Ngawen Gunungkidul Yogyakarta yakni berupa program remidi dan pengayaan yang mana kedua program ini memiliki kontribusi yang sangat besar dalam meningkatkan ketuntasan belajar siswa. 3) Hasil dari program remidi yang dilaksanakan dari 41 siswa yang berasal dari 4 kelas yakni A,B,C dan D terlihat sekali perubahan nilai nya meskipun belum rata-rata mencapai KKM yakni 77, akan tetapi Jika dilihat dari peningkatan yang dialami siswa setelah dilakukan remidi maka dapat dikatakan bahwasanya remidi memiliki kontribusi yang sangat besar dalam pencapaian ketuntasan belajar Al- Qur’an Hadits siswa, akan tetapi tidak dapat dipungkiri juga bahwa saat remidi dilaksanakan nilai siswa bisa turun atau tetap pada nilai sebelumnya, hal ini dikarenakan masalah-masalah yang di alami siswa yaitu masalah intern dan eksteren. Dalam hal inilah guru menggunakan kebijakan yaitu guru mempertimbangkan nilai dilihat dari proses pembelajaran yang dilaksanakan siswa pada setiap pelajaran Al- Qur’an Hadits. Keyword: KTSP, Al-Qur’an Hadits, Ketuntasan Belajar %Z PEMBIMBING: Dra. Hj. Wiji Hidayati, M.Ag