TY - THES N1 - PEMBIMBING: Edy Nur Yusuf, SS., MM., M.Si. ID - digilib11910 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11910/ A1 - RIKA ROIHATUS SHOLIHAH, NIM. 09470142 Y1 - 2013/10/28/ N2 - Rika Roihatus Sholihah. Usaha Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Siswa MTs N Godean Yogyakarta Tahun ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2013. Latar belakang penelitian ini adalah Dari hasil penelitian awal yang penulis lakukan bahwasannya keadaan perpustakaan di MTs N Godean sepi dan kurangnya siswa untuk berkunjung ke perpustakaan. Selain itu para siswa juga kurang termotivasi untuk senang membaca buku meskipun koleksi yang ada di perpustakaan cukup memadai untuk dipinjam atau dibaca ditempat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Kualitatif. Adapun subyek yang digunakan adalah kepala sekolah, staf perpustakaan, Guru bahasa Indonesia, dan siswa MTs N Godean. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data Metode observasi digunakan untuk mengamati secara langsung usaha sekolah dalam meningkatkan motivasi membaca siswa. Metode Wawancara digunakan untuk interview kepada narasumber yang menjadi subyek penelitan yang telah penulis sebutkan diatas, mengenai usaha sekolah dalam meningkatkan motivasi membaca bagi para siswa Mts N godean. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan gambaran umum tentang MTs N Godean. Proses analisa data digunakan untuk menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, yaitu wawancara, pengamatan yang sudah dituliskan dalam catatan lapangan, dokumen pribadi, dokumen resmi, dan sebagainya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1. Usaha Sekolah dalam meningkatkan motivasi membaca yaitu bahwasannya usaha sekolah ada dua variable yaitu program yang terencana dan program yang berkaitan dengan perpustakaan. Kemudian program terencana memiliki dua sub variable yaitu program tahunan dan program berkala dari dana Bos Buku. Program Tahunan dari Dana Bos Buku : Menambah Buku Baru, dan membeli rak buku. Program berkala : Lomba Mading, Lomba Resensi Buku, Mengadakan Program membaca, Memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi, Promosi Buku Baru, Guru memberikan tugas kepada siswa, dan Proses Belajar Mengajar Di perpustakaan. Program yang berkaitan dengan perpustakaan: Memberikan pelayanan yang baik, Menjaga ruangan agar tetap bersih, Menyampul dan Menjahit Buku Baru, Mendata dan Mengelompokkan Buku Baru, Membuat slogan. Dari upaya yang di lakukan sekolah untuk memotivasi siswa ternyata menumbuhkan hasil. Siswa lebih banyak ke perpustakaan membaca buku dan meminjam buku. 2. Factor penghambat dan pendukung sekolah adalah Faktor Penghambat: Fasilitas, Perpustakaan Kurang Strategis, Kurangnya tenaga pengelola perpustakaan, Sumber dana yang terbatas, Siswa lebih memilih kekantin dari pada ke perpustakaan, dan Kecenderungan siswa lebih memilih ?mengobrol santai?. Faktor Pendukung: Siswa wajib membaca buku, Perpustakaan sudah mulai berkembang, Gerakan Wakaf Buku, Tersedianya koleksi perpustakaan yang memadai, Mengadakan kerjasama dengan perpustakaan keliling dari PERPUSDA, dan Perhatian dari pihak sekolah. Kata Kunci: usaha Sekolah dan Motivasi membaca siswa PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - usaha Sekolah dan Motivasi membaca siswa M1 - skripsi TI - USAHA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA SISWA MTs NEGERI GODEAN YOGYAKARTA AV - restricted EP - 111 ER -