%0 Thesis %9 Skripsi %A SAYATI ZAMANUN, NIM. 09420193 %B FAK. ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:11912 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K KITAB IMRITHY %P 123 %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KITAB IMRITHY “TEGALREJO” DI KELAS AWALIYAH 1 PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYAH YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11912/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses penggunaan kitab imrithy “tegalrejo” dalam pembelajaran nahwu di kelas Awaliyah I Pondok Pesantren al-Luqmaniyah dan beberapa faktor baik yang mendukung dan menghambat dalam pembelajaran nahwu, selain itu untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menggunakan kitab imrithy “tegalrejo” di kelas Awaliyah I Pondok Pesantren al-Luqmaniyah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membarikan gambaran tentang pentingnya memilih buku ajar yang tepat dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran nahwu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara, observasi dan angket. Adapun proses analisis data dengan analisis kualitatif dengan metode induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Penerapan pembelajaran nahwu dengan kitab imrithy “tegalrejo” melalui tahap persiapan yang meliputi: koreksi materi, mencari kitab-kitab yang terkait sebagai referensi tambahan, dan tahap pelaksanaan meliputi: proses penerapan kitab imrithy, metode dan proses penilaian hafalan. 2) Penggunaan kitab imrithy “tegalrejo” dalam pembelajaran nahwu di kelas Awaliyah I Pondok Pesantren al-Luqmaniyah cukup efektif sebab mampu memberi kemudahan santri dalam menghafal dan mengasah kemahiran ’id khususnya materi nahwu. 3) Faktor pendukung penggunaan kitab imrithy “tegalrejo” dalam pembelajaran nahwu antara lain: kitab imrithy “tegalrejo” memberi kemudahan pada santri dalam pembelajaran nahwu khususnya dalam menghafal naẓom-naẓom imrithy, santri sangat senang menggunakan kitab imrithy “tegalrejo”, ustaż pengajar sangat berkompeten di bidangnya. Adapun faktor penghambatnya antara lain: latar belakang santri yang beragam dan alokasi waktu yang minim. %Z PEMBIMBING: DR. MAKSUDIN, M.Ag.