TY - THES N1 - Kata kunci: buku pelajaran, bahasa Arab, Madrasah Aliyah, HD> Hidayat ID - digilib11920 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11920/ A1 - IIS AL ISTIKHOROH , NIM. 98423914 Y1 - 2002/07/12/ N2 - Pada hakekatnya mengajarkan suatu bahasa apapun pada orang lain (bangsa lain) merupakan persoalan yang perlu mendapatkan pemikiran dan pemecahan serta perhatian sepenuhnya, termasuk pula dalam hal ini adalah bahasa Arab. Sering dijumpai adanya keluhan bahwa bahasa Arab itu sangat sulit, sehingga meskipun sudah lama belajar bahasa namun masih belum bias berbahasa Arab. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh anggapan yang berbeda, sehingga menumbuhkan anggapan yang berbeda pula. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) yang pengumpulan datanya bersumber dari data primer dan sekunder ditambah wawancara. Analisis datanya menggunakan prosedur berpikir induktif dan deduktif. Materi yang terdapat dalam buku bahasa Arab tersebut dari segi kosa kata, jumlah pelajaran, pokok bahasan, tatabahasa dan alokasi waktunya sudah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh GBHN bahasa Arab Madrasah Aliyah 1994. Metode pengajaran yang digunakan dalam buku bahasa Arab Madrasah Aliyah kelas satu, yaitu metode eklektik (campuran) yang mengambil aspek aspek kelebihan dari berbagai macam metode, terutama metode aural oral approach dan direct method. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - TELAAH BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH KELAS SATU KARYA DRS. HD. HIDAYAT, DKK. YOGYAKARTA AV - restricted ER -