<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR\r\nDALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS\r\nVI MIN JOGJAKARTA\r\n"^^ . "Siswa Sekolah Dasar dalam menerima pengalaman belajar serta mendalami\r\nmateri materi-materi pengajaran masih banyak membutuhkan hal-hal, kejadian, ataupun\r\nbenda-benda yang bersifat kongkrit, mudah diamati dan langsung dihadapi, sehingga\r\npengalaman-pengalaman tersebut akan lebih mengesan dan mudah dipahami. Karena\r\nrentang usia SD antara 6 atau 7 tahun sampai 12 atau 13 tahun adalah berada dalam\r\ntataran berpikir konkrit. Sumber belajar sangat penting artinya untuk mengantarkan\r\ntaraf berpikir kongkrit. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui\r\ngambaran tentang pemanfaatan sumber belajar pada mata pelajaran Fiqih di kelas VI\r\nMIN Jogjakarta I, yang meliputi: sumber belajar yang diutamakan pemanfaatannya,\r\nproses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan guru, dan respon siswa\r\nkelas VI terhadap pemanfaatan sumber belajar mengajar mata pelajaran Fiqih.\r\nPenelitian ini menggunakan metode deskriptif- kualitatif. Subyek penelitian ini\r\nadalah kepala sekolah, kepala bagian kurikulum, guru mata pelajaran Fiqih, dan siswasiswi\r\nkelas VI MIN Jogjakarta I. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain:\r\nobservasi, interview, dokumentasi dan kuesioner. Sedangkan teknik analisis data yang\r\ndigunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif.\r\nSetelah melakukan pengumpulan dan menganalisis data, maka dapat\r\ndisimpulkan bahwa: 1) Terdapat beberapa sumber belajar dalam proses melajar\r\nmengajar mata pelajaran Fiqih di kelas VI, yaitu: a) Manusia adalah guru, siswa, kepala\r\nsekolah dan wali kelas, yang paling berperan adalah guru. b) Jenis bahan, yang paling\r\nberperan adalah buku, karena setiap proses belajar mengajar selalu memanfaatkan buku\r\nsebagai sumber belajar. c) Alat peraga, papan tulis adalah yang paling berperan sebagai\r\nsumber belajar yang dimanfaatkan guru dan siswa. Adapun jenis metode atau teknik\r\nyang digunakan adalah kombinasi dari metode ceramah, tanya jawab, cerita dan\r\npemberian tugas. d) lingkungan, yang paling berperan adalah lingkungan dalam kelas.\r\n2) Perencanaan pemanfaatan sumber belajar dibuat dalam benuk rencana harian yang\r\ndibuat guru dalam satu pokok bahasan untuk satu kali pertemuan, dengan\r\nmempertimbangkan tujuan yang ingin dicapai, tingkat kesukaran materi, ketersediaan\r\nsumber belajar, tingkat perkembangan dan kemampuan siswa serta biaya yang ada.\r\nSedangkan pemanfaatan sumber belajar masih belum optimal, dilihat dari jarangnya\r\nguru memanfaatkan sumber belajar yang ada di sekitar sekolahan, hanya masjid dan\r\nperpustakaan yang telah dimanfaatkan. Evaluasi pemanfaatan sumber belajar belum\r\nbisa diperoleh keterangan, karena belum terukurnya keberhasilan proses belajar\r\nmengajar. Namun dalam evaluasi harian terlihat bahwa pemanfaatan sumber belajar\r\nmeskipun belum optimal. 3) Respon siswa terhadap pemanfaatan sumber belajar yang\r\ndilakukan guru mata pelajaran Fiqih bergantung kepada pembawaan guru sebagai\r\npengelola sumber belajar. Jika guru dalam mengajar memanfaatkan seluruh potensi dan\r\ndaya yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar maka siswa sangat antusias\r\ndalam belajarnya atau sebaliknya.jika guru dan siswa terdapat hubungan yang\r\nkomunikatif, maka proses belajar mengajar akan berjalan dengan lancar dan optimal.\r\n"^^ . "2003-01-29" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 97473732"^^ . "MA’MULAH NOOR"^^ . "NIM. 97473732 MA’MULAH NOOR"^^ . . . . . . "PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR\r\nDALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS\r\nVI MIN JOGJAKARTA\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I. IV.pdf"^^ . . . "PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR\r\nDALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS\r\nVI MIN JOGJAKARTA\r\n (Text)"^^ . . . "PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR\r\nDALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS\r\nVI MIN JOGJAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR\r\nDALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS\r\nVI MIN JOGJAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR\r\nDALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS\r\nVI MIN JOGJAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR\r\nDALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS\r\nVI MIN JOGJAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR\r\nDALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS\r\nVI MIN JOGJAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR\r\nDALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS\r\nVI MIN JOGJAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR\r\nDALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS\r\nVI MIN JOGJAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR\r\nDALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS\r\nVI MIN JOGJAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #11922 \n\nPEMANFAATAN SUMBER BELAJAR \nDALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS \nVI MIN JOGJAKARTA \n\n\n" . "text/html" . . . "Kependidikan Islam"@id . .