TY  - THES
N1  - Drs. Ahzab Muttaqin, M.Ag
ID  - digilib11923
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11923/
A1  - MOH. NUR ROHIM, NIM. 97423657
Y1  - 2003/04/28/
N2  - Pengajaran bahasa Arab yang berada di lembaga pendidikan di bawah tangung
jawab Departemen Agama sudah berjalan bertahun-tahun, akan tetapi hasilnya belum
memuaskan. Namun demikian lembaga ini masih tetap berupaya untuk mewujudkan
pengajaran bahasa Arab yang lebih baik dengan melakukan pembenahan dalam hal
kurikulum, penyajian buku-buku, serta mencari metode yang paling tepat dalam
mengajarkan bahasa Arab, sehingga bahasa Arab akan mudah untuk dipelajari. Adapun
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan keberhasilan metode
pengajaran membaca Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Darul Falah Lumajang,
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan
kuantitatif. Sedangkan subyeknya adalah: Kepala Madrasah Aliyah Darul Falah, Guru
Bahasa Arab, karyawan tata usaha, dan siswa kelas I dan II tahun ajaran 2002/2003.
Adapun metode pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, angket,
dokumentasi, tes, dan interview.
Setelah melakukan pengumpulan dan menganalisis data, penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa: 1) Aplikasi metode membaca bahasa Arab yang dilaksanakan oleh
guru MA Darul Falah diketahui hasilnya cukup setelah siswa mengerjakan tes yang
diberikan oleh penulis, yang mana nilai mayoritas adalah 5,5 sampai 6,4. Hasil tersebut
menunjukkan baru sedikit siswa yang dapat memahami apa yang terdapat dalam teks
bahasa Arab, seprti gramatikal, menerjemah, menyusun kalimat, mengungkapkan isi
bacaan maupun isya?muwajjah. 2) Kemampuan membaca buku pegangan bahasa Arab
dilihat dari tujuan yang ingin dicapai seperti yang tertuang dalam GBPP, ternyata siswa
MA Darul Falah belum sesuai dengan hasil yang diharapkan. Terutama bagi tujuan
membaca teks bahasa Arab yang sesuai dengan tujuan dalam GBPP. Pada setiap unit
buku pelajaran membahas satu pokok bahasan yang meliputi hiwar, mufrodat, qawaid,
insya? muwajjah, dan faktor kebiasaan membaca siswa dipengaruhi oleh beberapa
faktor yaitu: lingkungan, sekolah, tempat tinggal, keluarga, sarana dan prasarana.

PB  - UIN SUNAN KALIJAGA
KW  - Membaca
KW  -  metode
KW  -  Bahasa Arab
M1  - skripsi
TI  - STUDI TENTANG APLIKASI METODE
MEMBACA BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH DARUL FALAH
KARANGBENDO TEKUNG LUMAJANG

AV  - restricted
ER  -