%0 Thesis %9 Skripsi %A SITI MAHABAH , NIM. 97473682 %B FAKULTAS TARBIYAH %D 2003 %F digilib:11929 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T KONSEP DASAR KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH KURIKULUM MTs DEPAG RI). %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11929/ %X Kurikulum yang dipandang baik untuk mencapai tujuan pendidikan adalah yang bersifatintegreted dan komprehensif, mencakup ilmu agama dan ilmu umum. Karena kesempurnaan manusia tidak akan tercapai kecuali dengan menserasikan antara agama dan ilmu pengetahuan umum. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) yang sumber datanya dari sumber data primer dan sekunder. Adapun langkah- langkah penelitiannya yaitu mengumpulkan data, mengklasifikasikan data, dan menganalisa data menggunakan metode deskriptif-analitik. Kurikulum pendidikan Islam meliputi sejumlah materi pelajaran dan aktivitas yang di dalamnya menonjolkan tujuan agama dan akhlak, berurutan, berkesinambungan dan terintegrasi, yakni di dalam kurikulum tersebut mempunyai sistem pengajaran dan materi yang selaras dengan fitrah manusia, dapat mewujudkan tujuan pendidikan yang fundamental ndan sesuai dengan tingkatan anak didik serta mengandung nilai-nilai islami dan unsur ketauidan. Konsep itu dapat diwujudkan dengan pendekatan holistik dalam sistem pendidikannya. %Z Key word: kurikulum, pendidikan Islam, pendekatan holistik