@phdthesis{digilib11931, month = {November}, title = {KORELASI ANTARA PRESTASI MATA PERLAJARAN BAHASA ARAB DAN AL-QURAN HADITS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA II}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 96423378 NURUL LAILIAYAH}, year = {2003}, note = {Kata kunci : Bahasa Arab, Al-Qura?an dan Hadits}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11931/}, abstract = {Banyak anggapan dan dugaan bahwa siswa yang prestasinya dalam bidang bahasa Arab baik, maka prestasi di bidang mata pelajaran lainnya sepereti; Al-Quran, Hadist, Fiqh, Akhidah, Akhlag, Tafsir dan lainnya akan baik pula. Anggapan tersebut kemungkinan benar dan kemungkinan salah.Fungsi bahasa Arab di Sekolah Madrasah Aliyah berfungsi ganda, yaitu sebagai bahasa ilmu pengetahuan dan bahasa agama (bahasa ibadah sehari-hari). Disini bahasa arab akan menjadi barometer atas pelajaran Al-Quran dan Hadits, sampai seberapakah mata pelajaran bahasa arab memberi pengaruh terhadap mata pelajaran Al- Quran dan Hadits.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penentuan subyek, metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan intervieaw. Metode untuk menganalisis data menggunakan Produc Moment.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa, antara prestasi mata pelajaran bahasa arab dan Al-Quran Hadits Madrasah Aliyah Negeri II Yogyakarta terdapat korelasi yang signifikan. Artinya tinggi rendahnya prestasi mata pelajaran Al-Quran dan Hadits kuat hubungannya dengan prestasi pelajaran bahasa arab.} }