%A NIM. 97413564 RAHMAT YULIANTONI %O Kata kunci : Quantum teaching, Pengajaran Fiqh %T EKSPERIMENTASI QUANTUM TEACHING PADA PENGAJARAN FIQH DI KELAS II MAN LFT IAIN SUNAN KALIJAGA %X Sebagai mata pelajaran agama sudah selayaknya ilmu fiqh dilihat bukan semata sebagai ilmu pengetahuan, tetapi standar nilai yang harus diaplikasikan secara kontektual dan aktual bagi kehidupan siswa.Untuk itu diperlukan strategi pengajaran yang dapat menarik minat siswa, sehingga materi dapat menginternal pada diri siswa. Metode ceramah dan tanya jawab pada mata pelajaran fiqh membuat sebagian siswa enggan mengikuti kegiatan belajar mengajar.Quantum teaching merupakan metode pengajaran yang dapat dijadikan sebagai salah alternatif untuk mengajarkan ilmu fiqh agar prestasi siswa lebih berhasil.. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang mencoba mempraktekkan quatum teaching pada pengajaran fiqh di salah satu kelas II MAN LFT IAIN Sunan Kalijaga .Desain Penelitian yang digunakan adalah desain “Before – After with Control Group.Selain itu metode penelitian yang di gunakan adalah metode penentuan subyek, metode pengumpulan data dan metode analisis data.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada selisih nilai post-test dan pre-test antara siswa kelas II MAN LFT antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, sehingga secara eksternal penerapan qountum teaching pada pengajaran fiqh ternyata tidak efektif. %D 2002 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib11932