TY - THES N1 - Key word: akselerasi, siswa berbakat, kurikulum, pengelolaan kelas ID - digilib11935 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11935/ A1 - ROMI MA?ALI, NIM. 98474108 Y1 - 2003/02/26/ N2 - Bahwa siswa yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa memerlukan perhatian yang serius dan optimal. Program yang diakui guna mengembangkan bakat dan kemampuan luar biasa yang dimiliki siswa adalah melalui enrichment, segretion, atau akseleration. Salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan program tersebut adalah SMU 8 Jogjakarta, karena sekolah ini merupakan sekolah yang memiliki prestasi bidang akademik dan tergolong favorit. Melihat dari perkembangan yang ada, tampak strata kemampuan yangberbedabeda, sehingga dibutuhkan penanganan yang srius. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif yang sumber datanya dari sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode interview, dokumentasi, dan observasi. Untuk analisa datanya menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cara berfikir induktif dan deduktif . Pengelolaan kelas pada program akselerasi di SMU Negeri 8 Jogjakarta tidak jauh berbeda dengan program reguler. Namun pengelolaan kelas program akselerasi dibutuhkan profesionalitas, karena terkait dengan penkondisian siswa agar proses pembelaharan dalam penyampaian materi dapat berjalan secara efektif dan efisien PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA M1 - skripsi TI - PROGRAM AKSELERASI BAGI SISWA BERBAKAT DI SMU NEGERI 8 JOGJAKARTA (KAJIAN ATAS KURIKULUM DAN PENGELOLAAN KELAS). YOGYAKARTA AV - restricted ER -