%0 Thesis %9 Skripsi %A RONIYAH, NIM. 97423704 %B FAKULTAS TARBIYAH %D 2003 %F digilib:11936 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Key word: efektivitas, metode, pengajaran bahasa arab, eclectic %T EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTs MA’ARIF NU I SUMPIUH BANYUMAS JAWA TENGAH. %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11936/ %X MTs Ma’arif NU I Sumpiuh Banyumas Jawa Tengah merupakan salah satu lembaga pendidikan di bawah naungan Departemen Agama, dengan predikat favorit di kecamatan Sumpiuh, dalam kenyataannya pengajaran bahasa arab di sekolah tersebut menggunakan berbagai macam metode dan eluasa menentukan metode mana yang tepat dan sesuai untuk mencapai tujuan yang telah digariskan oleh GBPP. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif yang sumber datanya dari sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, interview, angket, test, dan dokumentasi. Untuk analisa datanya menggunakan metode deskriptif analitik dan dibantu dengan statistik. Sedang data kualitatif dipakai analisa dengan metode deduktif, induktif dan komparatif. Metode pengajaran bahasa arab di MTs Ma’arif NU I Sumpiuh Banyumas Jawa Tengah menggunakan metode eclectic. Hambatan yang ada diantaranya heterogenitas latar belakang pendidikan siswa yang berbeda yaitu 50,1% berasal dari MI dan 49.9% berasal dari SD yang lingkungan bahasanya kurang mendukung, waktu yang kurang mencukupi dan lemahnya motivasi belajar bahasa arab. Dengan standarisasi nilai 100 maka nilai 77,44 kelompok siswa MTs masuk ke dalam golongan baik.