%A NIM. 95473155 SAIFUL AMIN %T PELAKSANAAN ADMINISTRASI KELAS DI MTS TASWIRIYAH BALAPULANG KABUPATEN TEGAL %X Kemampuan pengelolaan kelas yang efektif akan memberikan dampak positif terhadap pembelajaran siswa. Kegiatan dalam pengelolaan kelas adalah melaksanakan administrasi kelas seperti, recording dan reporting. Namun kadang-kadang kegiatan tersebut belum dapat terlaksana, karena tanggung jawab yang telah diberikan oleh kepala sekolah tidak di laksanakan dengan baik sehingga dimungkinkan akan muncul persoalan-persoalan yang tidak dapat terselelsaikan. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bentuk usaha pengelolaan kegiatan administrasi kelas bidang manajemen operatif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Mts Taswiriyah Balapulang Tegal. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru dan wali kelas sebanyak 8 orang, sedangkan obyek dalam penelitiaan ini adalah pelaksanaan administrasi kelas. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam menganalisadata adalah analisis deskriptif yang menggunakan kerangka berfikir induktif dan deduktif. Pelaksanaan administrasi kelas bidang nanajemen operatif di MTs Balapulang meliputi; kegiatan tata usaha kelas, kegiatan perbekalan kelas, kegiatan keuangan kelas, kegiatan personil kelas, kegiatan hubungan masyarakat di lingkungan kelas. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan administrasi kelas adalah faktor konsultasi antar kelas, faktor kelengkapan buku-buku sumber tugas wali kelas, faktor kepal sekolah dan faktor wali kelas. %D 2003 %K Kata kunci : Administrasi kelas, Prestasi belajar %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib11937