TY - THES N1 - Kata kunci : Kecerdasan moral, Pendidikan Agama Islam ID - digilib11938 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11938/ A1 - SAKINAH KADIR , NIM. 98413822 Y1 - 2003/06/19/ N2 - Pada dasarnya kecerdasan moral tumbuh pada anak berdasarkan pengalaman moral yang mereka terima dari orang dewasa (orang tua dan guru). Kecerdasan moral berarti bagaimana seseorang bersikap atau bertingkah laku. Ketepatan orang tua dalam memilih cara metode menumbuhkan sikap moral anak akan sangat berpengaruh pada keberhasilan mendidik anak, khususnya dalam pembentukan sikap moral anak. Boleh jadi suatu kegagalan pendidikan yang terjadi dalam sebuah keluarga, sekolah dan masyarakat akibat dari kesalahan metode yang di terapkan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitis. Sedangkan teknik pengumpulan data dan informasi dengan bantuan kepustakaan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk menumbuhkan kecerdasan moral anak, Coles menggunakan metode ketelaldanan, pembiasaan, hukuman dan metode cerita. Dalam pendidikan Agama Islam metode yang dianggap efektif dalam membentuk moral anak adalah metode imitasi (al Qudwah), mmetode drill (al mumarosah al amal), metode ceramah/bercerita (al mauidhoh al amal), metode anugerah dan hukumah (Tsawab dan Iqob). Sedangkan relevansi antara metode yang dikemukakan Coles dalam menumbuhkan kecerdasan moral anak dengan pendidikan Agama Islam adalah Coles lebih menekankan dalam lembaga keluarga. Dimana Coles dalam penerapannya menggunakan metode berdasarkan keteladanan orang tua, pembiasaan, metode cerita dan metode melalui hukuman. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA M1 - skripsi TI - METODE ROBERT COLES DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN MORAL PADA ANAK DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM AV - restricted ER -