TY - THES N1 - PEMBIMBING: DR. SANGKOT SIRAIT, M.Ag. ID - digilib11944 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11944/ A1 - SHUBHI ROSYAD, NIM. 10410064 Y1 - 2013/11/08/ N2 - Shubhi Rosyad. Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Buku ?Keajaiban Pada Semut? Karya Harun Yahya. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah Kemerosotan moral, pudarnya kejujuran, individualisme, hedonisme, langkannya toleransi, dan radikalisme. Ironis lagi, kemerosotan akhlak dilakukan oleh remaja sebagai generasi penerus dan harapan bangsa. Buku Harun Yahya ini, dalam pembahasan mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak yang dapat digunakan sebagai pengayaan materi untuk menanamkan pendidikan akhlak. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang menekankan pada kajian kepustakaan (library research). Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi. Adapun metode analisisnya adalah menggunakan metode analisis deskriptif dan induksi untuk memperoleh sebuah kesimpulan penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan perspektif pendidikan, karena untuk menganalisis suatu yang bernilai pendidikan akhlak yang dapat diambil hikmahnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam buku ?Keajaiban Pada Semut? karya Harun Yahya terdapat nilai pendidikan akhlak yaitu nilai pendidikan akhlak terhadap diri sendiri, nilai pendidikan akhlak terhadap sesama, dan nilai pendidikan akhlak terhadap lingkungan. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa terdapat relevansi atau hubungan antara nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku keajaiban pada semut dengan pendidikan agama Islam. Relevansinya dengan pendidikan agama Islam mengenai guru, murid, materi, metode, dan lembaga pendidikan. Mengajarkan kepada murid untuk berakhlak kepada diri sendiri, berakhlak kepada sesama, dan berakhlak kepada lingkungan. Kemudian memberikan metode yang dapat digunakan untuk pembelajaran, metode tersebut antara lain: tanya jawab, kata kunci, diskusi, pendalaman materi, praktek, kerjasama, demonstrasi, mengalami, dan menyaksikan. Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Akhlak, Harun Yahya PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Nilai KW - Pendidikan Akhlak KW - Harun Yahya M1 - skripsi TI - NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU ?KEAJAIBAN PADA SEMUT? KARYA HARUN YAHYA AV - restricted EP - 114 ER -