@phdthesis{digilib11969, month = {October}, title = {USAHA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA MELALUI PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES SISWA KELAS VIII SMP ISLAM TERPADU ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09410097 TYAS AKBAR GUMILAR}, year = {2013}, note = {PEMBIMBING: Dra. Hj. SUSILANINGSIH, MA}, keywords = {RELIGIUSITAS SISWA MELALUI PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11969/}, abstract = {TYAS AKBAR GUMILAR. Usaha Guru dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa melalui Pendekatan Multiple Intelligences Siswa Kelas VIII SMP Islam Terpadu Alam Nurul Islam Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan . Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya siswa yang dididik di sekolah Islam memiliki tingkat religiusitas yang lebih baik dibandingkan dengan siswa di sekolah umum. Namun kenyataanya siswa yang dididik di sekolah-sekolah Islam cenderung sulit diatur meskipun secara intelegensi memiliki prestasi yang baik. Hal ini tidak terlepas dari intensitas pertemuan yang dilakukan antara siswa dengan orang tuanya yang berakibat kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya. Ada pendekatan khusus yang diterapkan oleh guru PAI di SMP Islam Terpadu Alam Nurul Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa. Pendekatan ini berupa pendekatan multiple intelligences. Penelitian ini bertolak pada pertanyaan: Bagaimana usaha guru PAI dalam meningkatkan religiusitas melalui pendekatan multiple intelligences siswa kelas VIII di SMP Islam Terpadu Alam Nurul Islam Yogyakarta? Pendekatan multiple intelligences adalah sebuah pendekatan yang didasari dari berbagai aspek kecerdasan siswa dalam mengidentifikasi kecerdasan manusia. Menurut Munif Chatib dalam bukunya Sekolahnya Manusia, multiple intelligences adalah strategi pembelajaran berupa rangkaian aktivitas belajar yang merujuk pada indicator hasil belajar yang sudah ditentukan silabus.2 Sehingga dalam penelitian ini akan mencoba mengetahui hasil usaha guru dan kendala dalam meningkatkan religiusitas melalui pendekatan multiple intelligences siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Alam Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik trinangulasi data. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah (1) Usaha guru PAI dalam melakukan pembelajaran baik dari RPP, proses pembelajaran dalam kelas dan kegiatan diluar kelas dilakukan menggunakan pendekatan multiple intelligences (2) Hasil usaha guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa kelas VIII SMP IT Alam Nurul Islam dilakukan secara variatif dan mampu menumbuhkan kebiasaan problem solving dan kebiasaan kreatif. (3) Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan religiusitas siswa lebih kepada belum dipahaminya paradigm sekolah alam tentang multiple intelligences.} }