eprintid: 11973 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/19/73 datestamp: 2014-04-24 01:03:35 lastmod: 2018-08-24 02:51:17 status_changed: 2014-04-24 01:03:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: WINARTO, NIM. 07410330 title: NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AYYUHAL WALAD KARYA IMAM AL GHAZALI ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: pendidikan akhlaq, ayyuhal walad note: Pembimbing: Dr. Mahmud Arif, S.Ag., M.Ag. abstract: Latar belakang masalah penelitian ini bermula dari kurang efektifnya sebuah pendidikan yang berada di sekolah karena menganggap bahwa pendidikan akhlak hanya sebatas pada pencapaian ranah kognitif saja. Sedangkan ranah afeksi dan psikomotorik belum tersentuh sama sekali dalam pendidikan akhlak. Dari kurang efektifnya pendidikan dalam sekolah tersebut, ternyata berdampak terhadap akhlak anak didik sehingga tidak sesuai dengan tujuan dari pendidikan yang diharapkan. Selain itu juga, perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan komunikasi sehingga mudah mempengaruhi dan meresap kepada peserta didik dalam tingkah lakunya sehingga sering menjadikan kenakalan remaja maupun perbuatan asusila. Begitu juga dengan pendidik yang kurang bisa memahami profesi dan perannya sebagai seorang yang mempunyai tanggung jawab mendidik dan mengarahkan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan meganalisa nilainilai pendidikan akhlak yang disampaikan oleh Imam Al Ghazali dalam sebuah karyanya yag berjudul Ayyuhal Walad. Hasil penelitian diharapkan mampu mengungkapkan sebuah gagasan yang menarik sehingga dapat ditransformasikan kepada peserta didik melalui pendidikan akhlak. Penelitian ini bersifat kualitatif yang berfokus pada Library research melalui tinjauan filosofis dengan salah satu subyek penelitiannya yaitu salah satu kitab kecil karangan Imam Al Ghazali yang diberi judul kitab Ayyuhal Walad. Pengumpulan data dilakukan melalui pengumpulan data-data yang terdapat dari berbagai literature. Penekanan pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menemukan kandungan nilai-nilai pendidikan akhlak yang disampaikan melalui pesan-pesan Imam Al Ghazali yang tertuang dalam kitab Ayyuhal Walad dan relevansinya dengan pendidikan Islam kontemporer. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Nilai pendidikan akhlak dalam kitab Ayyuhal Walad meliputi empat hal, yaitu: 1) Akhlak kepada Allah meliputi beriman secara sungguh-sungguh, takwa, tawakal, ikhlas, istiqomah, mujahadah dan menghidupkan malam. 2) Akhlak pendidik meliputi sikap profesional, berpaling dari dunia, riyadhah dan berkepribadian baik. 3) Akhlak dalam belajar meliputi niat yang baik, memanfaatkan waktu, sabar dalam belajar, menghormati guru, larangan berdebat dan bertanya dalam mencari petunjuk. 4) Akhlak dalam pergaulan meliputi membantu orang fakir, berperilaku baik kepada orang lain, tidak bergaul dengan pemerintah atau raja dan memberi nasihat atau peringatan. Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Ayyuhal Walad tersebut mempunyai relevansi dengan konsep pendidikan Islam kontemporer baik terkait tujuan pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam, pendidik, peserta didik dan metode pendidikan Islam. Dengan demikian, maka nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Ayyuhal Walad tersebut masih sangat relevan dan efektif apabila bisa diterapkan dan ditransformasikan kepada peserta didik sehingga tujuan utama dari pendidikan dapat tercapai secara total. date: 2013-08-01 date_type: published pages: 182 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAK. ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: WINARTO, NIM. 07410330 (2013) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AYYUHAL WALAD KARYA IMAM AL GHAZALI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11973/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11973/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf