%0 Thesis %9 Skripsi %A PUTI SUDARWANTI, NIM. 03141695 %B FAKULTAS ADAB %D 2007 %F digilib:11979 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata kunci: Pelayanan Perpustakaan, Persepsi Pengguna, Kualitas Layanan. %T ANALISIS PERSEPSI PENGGUNA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN POLITEKNIK KESEHATAN JURUSAN GIZI YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11979/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa persepsi pengguna terhadap kualitas pelayanan di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Jurusan Gizi Yogyakarta pada tahun 2006. Hal ini penting karena merupakan usaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah 185 responden. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, kuesioner, observasi dan wawancara. Data diolah dengan menggunakan SPSS, dengan menyajikan hasil penelitian pada table kemudian dideskripsikan dengan kata-kata. Analisa data menggunakan indikator lima aspek, yaitu aspek tangibles (berwujud), reliability (keandalan), responsiveness (respon), assurance (jaminan) dan empathy (empati) menurut Zeithaml, Berry dan Parasuraman (1995). Hasil persepsi pengguna dari responden menyatakan bahwa kualitas pelayanan Perpustakaan Politeknik Jurusan Gizi Kesehatan Yogyakarta cukup baik dengan angka 69 orang (42,70%). Sebagai saran, meskipun pelayanan dalam persepsi pengguna dinyatakan cukup baik namun masih perlu ditingkatkan terutapa pada aspek respond an berwujud supaya menjadi lebih baik lagi.