TY - THES ID - digilib11981 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11981/ A1 - ENTIN SUHARTINI, NIM. 98413837 Y1 - 2002/11/28/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi, dan prestasi belajar siswa dalam bidang studi Al-Qur?an di Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Selain itu, untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menghambat dan mendukung prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Untuk pengumpulan data meggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan metode tes. Hasil penelitian ini adalah bahwa motivasi keagamaan ingin beribadah kepada Allah dan mencari ridla-Nya (100%), ingin menjaga kemurnian al-Qur?an (90,91%), ingin mengikuti sunnah Nabi (90,91%), ingin keselamatan dunia akherat (90,91%), ingin mengajar/menyebarkan ajaran Islam (90,91%), ingin mendapat syafaat di hari pembalasan (84,85%), mengangkat martabat keluarga (3,03%), agar mudah sekolah ke luar negeri (3,03%), dan dorongan orang tua (3,03%). Faktor internal yang mendukung prestasi belajar bidang studi al-Qur?an adalah keinginan dari diri sendiri, yang mempermudah dan memperlancar hafalan dan dalam memahami isi kandungan al-Qur?an. Faktor eksternal adalah guru, lingkungan pendidikan, dan lingkungan masyarakat. Faktor-faktor yang menghambat prestasi belajar siswa adalah timbulnya rasa malas dari dalam diri siswa, dan dari pihak guru yang jarang memberikan evaluasi atau ulangan perbab. Kata kunci: motivasi, prestasi belajar, studi al-Qur?an PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata kunci: motivasi KW - prestasi belajar KW - studi al-Qur?an M1 - skripsi TI - MOTIVASI SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR?AN DAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI AL-QUR?AN DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA AV - restricted ER -