eprintid: 11985 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/19/85 datestamp: 2014-04-22 02:15:28 lastmod: 2014-04-22 02:15:28 status_changed: 2014-04-22 02:15:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ERFINA ZULAYDA ANIS, NIM. 99414543 title: EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PENGAJARAN FIQIH DI MTs PONDOK PABELAN ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kata kunci: pembelajaran aktif, active learning, fiqih, pengajaran abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konsep strategi pembelajaran aktif dalam buku Active Learning 101 Strategies to Teach Any Subject dalam pengajaran fiqih di MTs Tsanawiyah Pondok Pabelan. Selain itu untuk mengetahui keuntungan dan kerugian apabila konsep strategi pengajaran aktif tersebut diterapkan dalam pengajaran fiqih. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Subyek yang menjadi sumber data terdiri dari kepala sekolah, guru bidang studi fiqih, dan siswa-siswi kelas dua Pondok Pabelan tahun ajaran 2001/2002. Dalam pengumpulan data digunakan metode wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Hasil penelitian ini adalah bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pengajaran fqih yang menggunakan metode lama dengan strategi pengajaran aktif yang terdapat dalam buku tersebut di atas. Strategi aktif learning sangat bagus dan sesuai untuk diterapkan sebagai variasi dalam pengajaran fiqih. Selai n itu,strategi ini dapat meningkatkan kecakapan dan pemahaman para siswa terhadap materi pelajaran. date: 2003-07-24 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: ERFINA ZULAYDA ANIS, NIM. 99414543 (2003) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PENGAJARAN FIQIH DI MTs PONDOK PABELAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11985/1/BAB%20I.%20V.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11985/2/BAB%20II.%20III.%20IV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11985/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11985/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11985/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11985/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11985/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11985/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11985/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11985/10/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11985/13/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11985/14/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11985/15/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11985/16/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11985/17/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11985/18/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11985/19/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11985/20/small.jpg