TY - THES ID - digilib11988 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11988/ A1 - EVA RUSDAMAYANTI, NIM. 99454307 Y1 - 2003/07/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan cara pandang Islam terhadap pendidikan anak prasekolah, mengkaji lebih dalam tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak prasekolah, menjelaskan metode pembelajaran pada anak prasekolah, serta memperkenalkan bentuk permainan yang bisa membawa pada pemahaman anak prasekolah tentang konsep wujud zat dan energi. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka, yang menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam menganalisis data. Hasil penelitian ini adalah bahwa orang tua memiliki peran yang sangat strategis dalam mengarahkan perkembangan anak. Anak usia prasekolah merupakan usia pembentukan pondasi dan dasar kepribadian yang akan membentuk kepribadian anak pada perkembangan usia selanjutnya, sehingga memahami karakteristik anak usia prasekolah merupakan suatu hal yang mutlak. Selanjutnya, bahwa proses pendidikan yang efektif bagi anak usia prasekolah adalah melalui bermain, karena bermain dapat membantu proses kecerdasan, yang dalam hal ini anak melakukan permainan yang bermuatan ilmu pengetahuan yang disesuaikan dengan perkembangan usianya. Empat dari dua belas permainan yang diperkenalkan dikategorikan sebagai permainan yang mengandung unsur pengenalan energi dan delapan lainnya tentang konsep wujud zat. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata kunci: orang tua KW - sains dan teknologi KW - anak KW - prasekolah KW - pendidikan KW - permainan M1 - skripsi TI - PERANAN ORANG TUA TERHADAP PENGENALAN SAINS DAN TEKNOLOGI PADA ANAK PRASEKOLAH (PERSPEKTIF ISLAM) AV - restricted ER -