eprintid: 11996 rev_number: 29 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/19/96 datestamp: 2014-04-22 03:05:33 lastmod: 2017-03-29 08:50:54 status_changed: 2014-04-22 03:05:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: KHURUN ‘IIN, NIM. 97423714 title: ANALISIS KOMPARATIF PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI MADRASAH DINIYAH DAN YANG TIDAK DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-FATAH BANJARNEGARA ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Kata kunci: prestasi, belajar, bahasa Arab, Madrasah Diniyah, Madrasah Tsanawiyah abstract: Prestasi belajar bahasa Arab pada Madrasah Tsanawiyah al-Fatah Banjaranegara dipengaruhi oleh bebrapa factor, baik dari dalam diri (internal) siswa, maupun dari luar (eksternal). Faktor dalam diri misalnya kemauan belajar, perhatian untuk belajar, minat yang kuat terhadap pelajaran bahasa Arab dan sebagainya. Sedangkan dari luar diri siswa misalnya belajar yang cukup dan berencana. Yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah semua pihak yang terlibat dalam proses belajar mengajar di Madrasah Tsanawiyah al Fatah Banjarnegara. Metode pengumpulan datanya melalui metode observasi, angket, test, interview, dan dokumentasi. Metode analisa datanya menggunakan analisis data kualitatif dengan pembahasan induktif dan deduktif, sedang analisis data kuantitatif berupa angka dengan menggunakan rumus statistic. Adanya perbedaan prestasi belajar bahasa Arab pada segi qowa’id antara siswa yang mengikuti Madrasah Diniyah dan siswa yang tidak mengikuti Madrasah Diniyah di Madrasah Tsanawiyah al Fatah Banjarnegara, disebabkan adanya factor-faktor yang mempengaruhi antara lain factor minat, motif, perhatian, pengalaman belajar (latar belakang), lingkungan dan adanya perbedaan kesempatan belajar pada siswa yang mengikuti dan siswa yang tidak mengikuti Madrasah Diniyah. date: 2002-12-02 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: KHURUN ‘IIN, NIM. 97423714 (2002) ANALISIS KOMPARATIF PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI MADRASAH DINIYAH DAN YANG TIDAK DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-FATAH BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11996/2/BAB%20I.%20V.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11996/1/BAB%20II.%20III.%20IV.pdf