@phdthesis{digilib12012, month = {January}, title = {PERBANDINGAN TINGKAT PENGUASAAN KONSEP DASAR KIMIA YANG TERINTEGRASI DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS I SEMESTER I ANTARA SISWA MTsN I DAN MTs MU?ALLIMAT YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2002/2003}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 98454051 MUKHOYYAROTUL JANNAH }, year = {2003}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12012/}, abstract = {Rendahnya tingkat penguasaan peserta didik akan konsep-konsep kimia tercermin dari rendahnya NEM Kimia siswa MA di Yogyakarta selama 2 tahun terakhir. Rendahnya penguasaan siswa akan konsep dasar kimia perlu ditelusuri dan ditelaah secara seksama. Pengetahuan mengenai kimia perlu diberikan secara umum agar lebih mendekatkan siswa kepada kimia karena kehiduan atau gejala-gejala di alam akan selalu berkaitan erat dengan bahan-bahan kimia atau proses kimia. Dari latar belakang diatas, penulis ingin meneliti perbedaan yang signifikan tingkat penguasaan konsep dasar kimia antara siswa MTsN I Yogyakarta dengan MTs Mu?allimat Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif diferensial. Populasi penelitian terdiri dari semua siswa MTs kelas I semester 1 MTsN I Yogyakarta dan siswa MTs Mu?allimat Yogyakarta tahun ajaran 2002/2003. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan melakukan tes, sementara teknik analisa menggunakan analisis kuantitatif deskriptif dan uji-t. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa (1) hasil analisi statistik menunjukkan ada perbedaan signifikan tingkat penguasaan konsep dasar kimia yang terintegrasi dalam mata pelajaran IPA antara siswa MTsN I Yogyakarta dengan siswa MTs Mu?allimat Yogyakarta. (2) hasil analisis secara deskriptif terhadap aspek kognitif contohnya aspek dalam memahami pengertian, tingkat pemahaman akan arti konsep-konsep atau istilah dasar kimia siswa MTsN I Yogyakarta sebesar 48,29\% dan siswa MTs Mu?allimat Yogyakarta sebesar 44,86\% yang keduanya masuk dalam criteria sedang. Contoh lainnya yaitu aspek menuliskan peranan reaksi, bahwa kemampuan sisiwa dalam menuliskan persamaan reaksi kimia siswa MTsN I Yogyakarta sebesar 11,11\% dan siswa MTs Mu?allimat Yogyakarta sebesar 20,22\% yang tergolong sangat kurang.} }