TY - THES ID - digilib12014 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12014/ A1 - NAZARUDDIN, NIM. 97423647 Y1 - 2003/02/05/ N2 - Bahasa memiliki peranan yang sangat penting dalam masyarakat maka seseorang yang berinteraksi dalam masyarakat dituntut untuk mampu berbahasa, baik bahasa lisan maupun tulisan. Pada mulanya Bahasa Arab adalah bahasa bangsa Arab, namun seiring dengan perjalanan waktu dan adanya manusia yang berusaha menyebarluaskannya, maka Bahasa Arab sampai keseluruh penjuru dunia. Terutama bangsa-bangsa yang mayoritas penduduknya beragama Islam, termasuk bangsa Indonesia. Beberapa lembaga pendidikan sperti pondok pesantren menjadikan Bahasa Arab sebagai bahasa pokok pembelajaran. Di beberapa pondok pesantren bahasa Arab dikembangkan dan dimasyarakatkan sebagai media komunikasi dan berekspresi, sekaligus menunjang kompetensi santri dalam mendalami kitab-kitab klasik. Pondok Pesantren Nurul Hakim, Kediri Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat mewajibkan para santri untuk berkomunikasi menggunakan bahsa Arab setiap harinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) . Sumber datanya mencakup seluruh aspek yang telibat di dalam pondok pesantren, sedang pengumpulan datanya menggunakan metode Interview (Wawancara), metode Observasi dan metode Dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan adalah analitik diskriptik. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah: 1. Pesantren Nurul Hakim menerapkan metode pembelajaran bahasa Arab, yaitu ?ECLECTIC METHOD?. 2. Penerapan bahsa Arab sebagai alat komunikasi santri dilaksanakan setelah santri menempuh dua jenjang pembelajaran bahasa Arab. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata kunci: alat komunikasi Santri M1 - skripsi TI - PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI SANTRI (STUDI LAPANGAN DI PESANTREN NURUL HAKIM KEDIRI, LOMBOK BARAT, NTB) AV - restricted ER -