relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12020/ title: PERANAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM creator: NOOR KUSYANTI , NIM. 9847085 subject: Kependidikan Islam description: Hubungan pribadi pendidik dan pribadi anak didik melahirkan tanggungjawab pendidikan dan kewibawaan pendidik. Guru berfungsi sebagai penyampai ilmu pengetahuan dan berbagai keyakinan kepada manusia agar mereka menerapkan seluruh pengetahuannya dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan pada hakekatnya merupakan proses pengembangan kemandirian peserta didik sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhan fisik, psikis dan emosinya dalam suatu lingkungan interaksi dengan orang dewasa seperti guru di sekolah, orang tua di rumah, dan orang dewasa lain di masyarakat. Dari latar belakang di atas peneliti ingin mengetahui peran guru dalam pendidikan Islam dan mengetahui sejauhmana keterlibatan atau peran serta guru dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Islam. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian Library Research (Penelitian Kepustakaan) yaitu suatu penelitian yang objek utamanya buku perpustakaan atau literature yang memiliki kaitan dengan permasalahan yang akan dibahas. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer yang digunakan yaitu Teori dan Praktek karya Prof. Dr. Nana Syaudih Sukmadinata dan beberapa buku lainnya. Kesimpulan yang dapat ditarik yaitu (1) peran utama guru dalam pendidikan Islam adalah sebagai pendidik dan pengajar. Namun sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman peran guru tidak hanya berhenti di situ saja. Melainkan guru harus berperan sebagai seorang professional, dimana guru harus berperan sebagai pelatih, konselor, manajer belajar, administrator, partisipan, sekaligus pelajar. Disamping itu, guru juga tidak terlepas perannya dalam masyarakat. Sebagai anggota masyrakat, guru harus berperan sebagai pemimpin atau panutan bagi masyarakat. (2) peranan guru dalam pengembangan kurikulum pendidikan Islam adalah sebagai perencana, pelaksana, penilai dan penyempurna. (a) perencana, guru mulai dengan mengembangkan pedoman atau menetapkan bahan untuk kurikulum sekolah yang meliputi; menetapkan tujuan, identifikasi bahan yang cocok dan pemilihan strategi belajar mengajar serta evaluasi, (b) pelaksana, guru mengkaji agar memahami dan menyampaikan mata pelajaran yang telah dirancang dalam kurikulum, (c) penilai, guru mengkaji suatu program atau kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang diharapkan, (d) penyempurna, guru harus melaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan cara melengkapi alat pengajaran atau media, meningkatkan ketrampilan guru dan siswa susuai dengan tuntutan kurikulum. date: 2003-07-07 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12020/2/BAB%20I.%20V.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12020/1/BAB%20II.%20III.%20IV.pdf identifier: NOOR KUSYANTI , NIM. 9847085 (2003) PERANAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.