@phdthesis{digilib12049, month = {April}, title = { FAKTOR-FAKTOR PSIKOLOGIS YANG MEMPENGARUHI KETERLAMBATAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS IV A DAN V B DI MIN YOGYAKARTA I }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10481003 MAR ATUS SHOLIKHAH }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Dr. Maemonah, M. Ag.}, keywords = {Kata kunci: Faktor Psikologis, Keterlambatan Belajar, MIN Yogyakarta I}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12049/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah lambatnya peserta didik baik dalam proses pembelajaran maupun hasil belajar dikarenakan adanya faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi keterlambatan belajar yang dialami oleh peserta didik kelas IV A dan V B. Keterlambatan dalam belajar yang dialami peserta didik berakibat menurunnya hasil belajar. Menurunnya hasil belajar karena kurangnya kecakapan dalam menerima pelajaran, tidak adanya minat dan motivasi, membutuhkan waktu lama dalam menyelesaikan setiap tugas merupakan kendala yang dihadapi peserta didik kelas IV A dan V B. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) katerlambatan belajar yang dialami peserta didik kelas IV A dan V B di MIN Yogyakarta I; (2) faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi keterlambatan belajar pada peserta didik kelas IV A dan V B di MIN Yogyakarta I; (3) rancangan solisi untuk menjembatani keterlambatan belajar yang dialami peserta didik kelas IV A dan V B di MIN Yogyakarta I. Penelitian ini merupakan penelitian mixed (campuran) yaitu menggabungkan antara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian kuantitatif digunakan sebagai pendukung dalam penelitian kualitatif. Bobot penelitian ini lebih menekankan pada penelitian kualitatif yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV A dan V B di MIN Yogyakarta I dengan jumlah peserta didik 29 peserta didik kelas IV A dan 19 peserta didik kelas V B. Analisis data faktor psikologis yang mempengaruhi keterlambatan belajar menggunakan analisis deskriptif, tabel distribusi frekuensi relatif dan tektik pengkualitatifan. Hasil penelitian faktor psikologis yang mempengaruhi keterlambatan belajar yang dialami peserta didik kelas IV A dan V B di MIN Yogyakarta I ditemukan dua hal yaitu lambat dalam proses pembelajaran dan hasil belajar. Hasil penelitian ditemukan ada 4 peserta didik kelas IV A dan sebagian besar peserta didik kelas V B yang mengalami lambat belajar. Faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi keterlambatan belajar pada peserta didik kelas IV A dan V B di MIN Yogyakarta I yang ditemukan meliputi (1) Minat terdapat perbedaan yaitu kelas IV A kategori sedang dan kelas V B rendah; (2) Motivasi memiliki hasil yang sama yaitu kelas IV dan kelas V B dengan kategori kurang; (3) Perkembangan kemampuan memberikan hasil yang berbeda yaitu kelas IV A kategori sedang dan kelas V B dengan kategori kurang; (4) Kesehatan didapatkan hasil sama yaitu berkategori sedang. Rancangan solusi yang diberikan untuk peserta didik kelas IV A dan V B memiliki kadar yang sama untuk menjembatani lambatnya dalam belajar yaitu ada empat tahap meliputi (1) Identifikasi dilakukan untuk memperoleh data peserta didik; (2) Asesmen digunakan untuk mengalanisis data yang didapatkan untuk ditarik kesimpulan sementara; (3) Program pengajaran digunakan untuk merumuskan pelayanan dan bimbingan yang baik dalam mengoptimalkan peserta didik; (4) Evaluasi digunakan untuk menilai dari program pengajaran yang telah ditetapkan. } }