@phdthesis{digilib12067, month = {August}, title = {KONSEP PENDIDIKAN ISLAM INTEGRAL MENURUT MOHAMMAD NATSIR }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 99414158 DAWUD RIFA'I }, year = {2003}, note = {Pembimbing :Drs. H. Soeyadi, M.Pd.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12067/}, abstract = {Pendidikan sebagai indicator yang melekat erat dengan masyarakat akan maju dan mundurnya masyarakat tersebut. Kehadiran pendidikan islam sangat dibutuhkan untuk menjamin keberlangsungan hidup dan eksistensi masyarakat islam, sebab maju dan mundurnya suatu kaum tergantung sebagian besar kepada pendidikan yang berlaku di kalangan mereka itu, tidak ada yang terbelakang menjadi maju melainkan sesudah memperbaiki didikan mereka. Gagasan Mohammad Natsir mengenai pendidikan islam integral merupakan wujud upaya Natsir untuk meningkatkan pendidikan islam saat itu . upaya Natsir tersebut sebenarnya mempunyai titik persamaan dengan berbagai upaya peningkatan mutu pendidikan saat ini. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengangkat obyek penelitian tentang konsep pendidikan Islam integral menurut Natsir dalam pnelitian dengan judul ? Konsep Pendidikan Islam Integral menurut Mohammad Natsir?. Setelah melakukan penelitian penulis dapat menyimpulkan bahwa : 1. Pendidikan Ilam Integral menurut Natsir adalah usaha sadar secara utuh yang dilakukan oleh pendidik untuk mengembangkan dan mengarahkan segala potensi anak didik agar mencapai tujuan yang telah dirumuskan. Keterpaduan pendidikan islam yang dikonsepkan Natsir meliputi keterpaduan materi dan metodologi yang tidak memandang Timur ataupun Barat. 2. Relavansi pendidikan Islam integral menurut Mohammad Natsir dengan konsep dan praktik pendidikan Islam dewasa ini, terlihat dengan adanya berbagai persamaan. Secara prkatik persamaan tersebut terdapat dalam pembelajaran di SDIT dan pengembangan keilmuan di UIN Jakarta, sedangkan secara konsep terdapat dalam rencana pengembangan UIN Yogyakarta } }