@phdthesis{digilib12106, month = {October}, title = {PENGARUH LKS IPA TERPADU ? LINGKUNGAN PANTAI? TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs NEGERI YOGYAKARTA II }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08690023 AYUK TRISNA SAPUTRI }, year = {2013}, note = {Pembimbing : Ika Kartika, M.Pd.Si}, keywords = {Kata Kunci: Pembelajaran IPA Terpadu, LKS IPA Terpadu ?Lingkungan Pantai?, Hasil Belajar. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12106/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan yang signifikan skor pretest siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan LKS IPA Terpadu ?Lingkungan Pantai? dengan pembelajaran menggunakan LKS konvensional, (2) perbedaan yang signifikan skor posttest siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan LKS IPA Terpadu ?Lingkungan Pantai? dengan pembelajaran menggunakan LKS konvensional, (3) perbedaan yang signifikan peningkatan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan LKS IPA Terpadu ?Lingkungan Pantai dengan pembelajaran menggunakan LKS konvensional, 4) adanya pengaruh positif penggunaan LKS IPA Terpadu ?Lingkungan Pantai? terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain Matching pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII MTs Negeri Yogyakarta II. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest, soal posttest, lembar observasi afektif dan lembar observasi psikomotorik. Teknik analisis data menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan skor pretest siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan LKS IPA Terpadu ?Lingkungan Pantai? dengan pembelajaran menggunakan LKS konvensional (nilai Sig. (2-tailed) = 0,125 {\ensuremath{>}} 0,05, maka H0 diterima), (2) terdapat perbedaan yang signifikan skor posttest siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan LKS IPA Terpadu ?Lingkungan Pantai? dengan pembelajaran menggunakan LKS konvensional (nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 {\ensuremath{>}} 0,05, maka Ha diterima), (3) terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan LKS IPA Terpadu ?Lingkungan Pantai? dengan pembelajaran menggunakan LKS konvensional (nilai Sig. (2- tailed) = 0,000 {$\leq$} 0,05, maka Ha diterima), (4) Peningkatan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan LKS IPA Terpadu ?Lingkungan Pantai? lebih besar dibandingkan dengan peningkatan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan LKS konvensional (nilai Sig. (1-tailed) = 0,000 {$\leq$} 0,05, maka Ha diterima). Maka dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan LKS IPA Terpadu ?Lingkungan Pantai? berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. } }