TY - THES N1 - Pembimbing : Joko Purwanto, M.Sc ID - digilib12107 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12107/ A1 - AZIZATUR RAHMI , NIM. 08690056 Y1 - 2013/10/13/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil miskonsepsi pada setiap jenjang pendidikan (SD, SMP, SMA), serta persentase siswa yang mengalami miskonsepsi pada tiap jenjang pendidikan menggunakan tes three-tier pada pokok bahasan gerak dan gaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data berupa tes. Tes yang digunakan adalah tes three-tier untuk mengidentifikasi siswa yang memahami konsep, miskonsepsi, dan kurang paham konsep. Instrumen yang digunakan yaitu lembar tes. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VI SD, IX SMP, dan XI SMA yang ada di kecamatan Gerokgak, Singaraja, Bali, dan sampel penelitian yaitu kelas yang ada di sekolah terpilih secara acak. Analisis data miskonsepsi dilakukan secara kuantitatif sehingga diperoleh persentase miskonsepsi siswa yang kemudian dideskripsikan secara naratif. Berdasarkan analisis hasil data, diperoleh 12 miskonsepsi siswa pada pokok bahasan gerak, dan 17 miskonsepsi pada pokok bahasan gaya. Persentase rata-rata miskonsepsi terbesar pada materi gerak jatuh bebas mengenai percepatan gravitasi di SD (53,57%), SMP (49,16%), dan SMA (44,55%) adalah benda dengan massa yang lebih besar akan mencapai tanah lebih dahulu. Sedangkan persentase rata-rata miskonsepsi terkecil pada materi gerak jatuh bebas di SD (0,50%) adalah benda yang lebih padat akan mencapai tanah lebih dahulu, persentase rata-rata miskonsepsi terkecil pada materi gerak jatuh bebas di SMP (0,56%) adalah benda dengan permukaan yang lebih keras akan mencapai tanah lebih dahulu, persentase rata-rata miskonsepsi terkecil pada materi gerak jatuh bebas di SMA (0,45%) adalah benda dengan permukaan yang lebih kecil akan mencapai tanah lebih dahulu. Persentase rata-rata miskonsepsi terbesar pada pokok bahasan gaya di SD (47,30%), SMP (48,60%), SMA (30,91%) adalah mengenai aksi reaksi pada benda yang diam diatas meja maka tidak ada gaya apapun yang bekerja pada meja. Sedangkan persentase rata-rata miskonsepsi terkecil pada pokok bahasan gaya di SD (0,68%) adalah miskonsepsi mengenai diperlukan gaya yang lebih besar untuk mengangkat benda dengan massa yang lebih kecil, persentase rata-rata miskonsepsi terkecil siswa SMP (0,28%) adalah miskonsepsi mengenai gaya sinonim dengan tekanan, dan persentase rata-rata miskonsepsi terkecil di SMA (0,91%) adalah miskonsepsi mengenai diperlukan gaya yang lebih besar untuk mengangkat benda dengan massa yang lebih kecil. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata kunci: Miskonsepsi KW - tes three-tier KW - IPA KW - fisika KW - gerak dan gaya M1 - skripsi TI - IDENTIFIKASI MISKONSEPSI IPA/FISIKA BERDASARKAN JENJANG PENDIDIKAN (SD, SMP, SMA) MENGGUNAKAN TES THREE-TIER PADA POKOK BAHASAN GERAK DAN GAYA AV - restricted ER -