TY - THES N1 - Pembimbing: Joko Purwanto M.Sc. ID - digilib12165 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12165/ A1 - MUHAMMAD LUQMAN KHAKIM , NIM. 06690032 Y1 - 2013/07/11/ N2 - Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen authentic assessment pada pembelajaran fisika yang berorientasi life skill berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) sehingga dihasilkan instrumen penilaian berdasarkan pengalaman empiris peserta didik di sekolah dengan mengetahui kualitas instrumen authentic assessment pada pembelajaran fisika yang berorientasi life skill berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah dikembangkan, dan melakukan uji responden kepada guru di sekolah agar dihasilkan perangkat penilaian sesuai dengan kebutuhan di sekolah. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D (four D model) yang meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Prosedur penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan (develop). Proses pengembangan instrumen ini melalui validasi oleh dosen pembimbing dan tiga validator, dan dilakukan uji kualitas oleh tiga dosen ahli dan lima guru Fisika, serta uji responden kepada lima guru Fisika pada tiga SMA/MA di Yogyakarta. Instrumen penilaian terhadap produk berupa skala penilaian kualitas dan skala penilaian respon guru yang berisi kriteria tertentu. Hasil penelitian berupa data kualitatif yang kemudian dianalisis dengan pedoman kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas instrumen authentic assessment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah dalam mengembangkan instrumen authentic assessment meliputi studi literatur, studi lapangan, menetapkan tujuan pengembangan, penyusunan langkah kerja, menentukan subjek uji coba, merencanakan instrumen penilaian yang digunakan, penyusunan produk awal, validasi produk oleh validator dan penilaian terhadap produk oleh reviewer. Instrumen authentic assessment yang telah dikembangkan mempunyai kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 86,38% dan medapat kategori Sangat Setuju (SS) dari responden dengan persentase nilai respon sebesar 70,70% sehingga produk sudah layak diujicobakan pada responden. Kata Kunci: Authentic assessment, pembelajaran fisika, life skill dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL). PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN AUTHENTIC ASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA YANG BERORIENTASI LIFE SKILL BERDASARKAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) AV - restricted ER -