TY - THES N1 - Pembimbing: Shidiq Premono, M.Pd. ID - digilib12172 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12172/ A1 - NOFITA WULAN SARI, NIM. 09670037 Y1 - 2013/08/26/ N2 - Penelitian pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui ciri proses dan karakteristik, serta untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran kimia berbasis integrasi Islam dan sains berdasarkan penilaian 5 guru kimia SMA/MA. Penelitian pengembangan yang dilakukan mengadopsi model 4-D. Model ini menggunakan empat tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (desain), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate) namun penyebarluasan tidak dilaksanakan dalam penelitian ini. Produk perangkat pembelajaran kimia ini divalidasi oleh dosen pembimbing, ahli pembelajaran kimia, ahli evaluasi pembelajaran kimia, ahli integrasi Islam dan sains, serta tiga orang peer reviewer. Penilaian produk dilakukan oleh reviewer yaitu 5 guru kimia SMA/MA yang berlatar belakang sekolah Islam. Instrumen yang digunakan berupa angket daftar cek (check list) yang berisi 9 aspek. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian diubah menjadi data kuantitatif dengan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran kimia yang dikembangkan menurut lima guru kimia SMA/MA di Yogyakarta memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 93,33%. Kata Kunci: Perangkat pembelajaran kimia, integrasi Islam dan sains, kimia unsur PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS INTEGRASI ISLAM DAN SAINS PADA MATERI POKOK KIMIA UNSUR KELAS XII SEMESTER GASAL AV - restricted ER -