eprintid: 1219 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/12/19 lastmod: 2012-05-04 16:40:38 status_changed: 2012-05-04 16:40:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AHMAD JUNAEDI - NIM. 03450446, title: EFEK PEMANFAATAN MODUL BERILUSTRASI GAMBAR TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN SAINS BIOLOGI DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) WONOKROMO BANTUL ispublished: pub full_text_status: none keywords: Modul Berilustrasi Gambar, Motivasi, dan Prestasi Belajar. note: b Pembimbing : /b Drs. H. Suhardi, M.Pd. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek pemanfaatan media berupa modul berilustrasi gambar terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII semester I MTsN Wonokromo Bantul. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian pretestpostest control group. Populasi penelitian semua siswa kelas VIII MTsN Wonokromo Bantul yang terdiri dari dua kelas dengan sampel diambil secara Cluster Sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII A (sebagai kelas kontrol) dan kelas VIII B (sebagai kelas eksperimen). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal pretest-postest dan lembar angket motivasi belajar siswa terhadap penggunaan media modul berilustrasi gambar dalam pembelajaran Biologi. Analisis data untuk motivasi belajar siswa menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan analisis data untuk soal tes (pretest dan postest) menggunakan uji t untuk dua sampel besar yang satu sama lain saling berhubungan. Hasil analisis motivasi siswa secara umum menunjukan 74.625% siswa kelompok eksperimen mempunyai motivasi belajar Biologi yang tergolong baik, sedangkan 52.625% siswa kelompok kontrol mempunyai motivasi belajar Biologi yang tergolong cukup. Sebelum dilakukan uji t terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varians. Hasil analisis uji prasyarat menunjukan data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil analisis uji t terhadap nilai pretest dan postest kelas eksperimen menunjukan ada perbedaan yang sangat signifikan, hal ini terlihat dari nilai thit -4.7 ttab 2.71 dengan p 0,01 (tanda minus diabaikan). Hasil uji t terhadap nilai pretest dan postest kelas kontrol menunjukan tidak ada perbedaan yang signifikan, hal ini terlihat dari nilai thit -11.46 ttab 2.72 (tanda minus diabaikan). Hasil uji t antara nilai postest kelompok eksperimen dan kontrol = 22.1 (p 0.01), sehingga memberikan kesimpulan bahwa penggunaan media modul berilustrasi gambar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. date: 2008-07-16 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2008-07-16 15:13:43 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ahmadjunae-816-1-ahmadju-.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/17/digilib-uinsuka--ahmadjunae-816-1-ahmadju-.pdf ; url download server lama : /download.php?id=954 ; nama file lama : AHMAD JUNAEDI 03450446 EFEK PEMANFAATAN MODUL BERILUSTRASI .pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 3672105 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2008-07-16 15:13:43 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ahmadjunae-816-1-ahmadju-.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/17/digilib-uinsuka--ahmadjunae-816-1-ahmadju-.pdf ; url download server lama : /download.php?id=954 ; nama file lama : AHMAD JUNAEDI 03450446 EFEK PEMANFAATAN MODUL BERILUSTRASI .pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 3672105 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: AHMAD JUNAEDI - NIM. 03450446, (2008) EFEK PEMANFAATAN MODUL BERILUSTRASI GAMBAR TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN SAINS BIOLOGI DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) WONOKROMO BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.