@phdthesis{digilib12203, month = {October}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI KELAS XI SEMESTER II DI SMA UII YOGYAKARTA }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09680020 SANTI RATNA PALUPI }, year = {2013}, note = {Pembimbing : Sulistiyawati, M.Si }, keywords = {Kata Kunci: Problem Posing, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Sistem Reproduksi }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12203/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap motivasi belajar dan hasil belajar biologi pada aspek kognitif siswa kelas XI IPA SMA UII Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasy Eksperiment) dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA UII Yogyakarta. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Analisis data menggunakan uji statistik Mann-Withney U Test untuk motivasi belajar dan Independent Samples t- Test untuk hasil belajar pada aspek kognitif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis, bahwa: 1) Tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann Whitney U Test yang tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu dengan nilai p sebesar 0,423{\ensuremath{>}} {\ensuremath{\alpha}} (0,05). 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap hasil belajar biologi aspek kognitif siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengujian terhadap nilai posttest dengan uji Independent Samples t- Test diperoleh nilai p sebesar 0,019 {\ensuremath{<}} {\ensuremath{\alpha}} (0,05). } }