eprintid: 12211 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/22/11 datestamp: 2014-04-28 03:48:38 lastmod: 2016-01-26 09:00:10 status_changed: 2014-04-28 03:48:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SITI NUR ROHMAH, NIM. 08600005 title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)YANG DIPADUKAN PELATIHAN METAKOGNITIF DENGAN SETING GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci: Problem Based Learning, Metakognitif, Group Investigation, Minat Belajar, Berpikir Kritis. note: Pembimbing : Suparni, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Problem Based Learning yang dipadukan dengan pelatihan metakognitif dengan seting Group Investigation terhadap minat belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VII. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP N 16 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 semester ganjil pada pokok bahasan aritmetika sosial. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari empat variabel bebas, yaitu pendekatan PBL, strategi metakognitif, metode group investigation, dan metode konvensional berupa ceramah, sedangkan variabel terikat yaitu minat belajar dan kemampuan berpikir kritis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A, VII B, VII C, dan VII D (sebanyak 136 siswa). Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh kelas VII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pre angket, pos angket, pretest, dan post-test. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial dengan bantuan software SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pembelajaran dengan pendekatan PBL yang dipadukan pelatihan metakognitif dengan seting GI tidak lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional dengan ceramah terhadap minat belajar. Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan yang diperoleh nilai sig (1-tailed) = 0,437 > 0.05. (2) Pembelajaran dengan pendekatan PBL yang dipadukan dengan pelatihan metakognitif dengan seting GI lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional dengan ceramah terhadap kemampuan berpikir kritis Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan yang diperoleh nilai sig (1-tailed )= 0,0085 < 0.05. date: 2013-07-26 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SITI NUR ROHMAH, NIM. 08600005 (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)YANG DIPADUKAN PELATIHAN METAKOGNITIF DENGAN SETING GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12211/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12211/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf