%A MUHAMMAD MAEMUN - NIM. 01450573 %O Pembimbing : Drs.Satino,M.Si. %T HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MAN WONOKROMO %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan antara kemandirian belajar dan fasilitas belajar di rumah dengan prestasi belajar biologi siswa kelas X semester genap Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) Wonokromo Bantul tahun ajaran 2006/2007. Peneliatian ini merupakan penelitian ex-post facto,sedangkan sampel dalam penelitian ini sejumlah 57 siswa dari populasi sebanyak 179 siswa. Metode yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket kemandirian belajar dengan koefisien reabilitas sebesar 0.904 dan angket fasilitas belajar di rumah dengan koefisien reabilitas sebesar 0.901. Sedangkan metode dokumentasi untuk mengambil hasil prestasi belajar biologi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) kemandirian belajar memiliki hubungan yang positif dengan prestasi belajar biologi siswa kelas X MAN Wonokromo Bantul tahun pelajaran 2006/2007, dengan r-yx1 sebesar 0.931 dan nilai probabilitas Sig sebesar 0.000, 2) fasilitas belajar di rumah memiliki hubungan yang positif dengan prestasi belajar biologi siswa kelas X MAN Wonokromo Bantul tahun pelajaran 2006/2007, dengan r-yx2 sebesar 0.967 dan nilai probabilitas Sig sebesar 0.000, 3) kemandirian belajar dan fasilitas belajar di rumah secara bersama-sama memiliki hubungan yang positif dengan prestasi belajar biologi siswa kelas X MAN Wonokoromo Bantul tahun pelajaran 2006/2007, dengan R-yx1.x2 sebesar 0.968 dan nilai probabilitas Sig. F-change sebesar 0.000. %K Kemandirian belajar, fasilitas belajar di rumah, prestasi belajar. %D 2008 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib1223