<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "APLIKASI STRATEGI HAFALAN MUFRADAH DAN JUMLAH MUFMUFIDDAH BAHASA ARAB TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENTERJEMAH (Studi Eksperimen Madrasah Aliyah YAPIKA Tanjungsari, Petanahan, Kebumen)"^^ . "Pengajaran bahasa Arab di Indonesia sampai saat ini belum mampu menunjukkan\r\nkeberhasilan yang dapat dibanggakan. Bahkan bahasa Arab cenderung menjadi momok\r\nbagi banyak siswa di Indonesia. Kenyataan seperti ini membawa kesan bahwa bahasa\r\nArab merupakan bahasa yang sulit dan rumit apalagi ketika sampai pada mempelajari\r\nbahasa Arab pada keterampilan menulis dan menterjemah karena harus mengetahui\r\nbermacam-macam hal berkaitan dengan keterampilan di atas, makanya bahasa Arab\r\nlebih sulit untuk dipelajari dibandingkan dengan bahasa Asing lainnya, meskipun pada\r\ndasarnya bahasa Arab tidak sesulit yang bayangkan khususnya bagi orang Indonesia yang\r\nmayoritas beragama Islam.\r\nUntuk menguasai keterampilan menulis dan menterjemah di atas salah satunya\r\nadalah siswa harus menguasai perbendaharaan MUFRADAH atau kosa-kata yang cukup.\r\nDari sini penulis menawarkan salah satu strategi hafalan terbimbing terhadap kosa-kata\r\natau kalimat yang banyak itu dengan strategi hafalan MUFRADAH dan jumlah mufidah\r\n(kalimat) terbimbing untuk meningkatkan keterampilan menterjemah siswa kelas XI-B\r\nMadrasah Aliyah YAPIKA Tanjungsari Petanahan Kebumen, mengingat apa yang\r\ndiungkapkan H.G Tarigan yakni bahwa kualitas berbahasa seseorang jelas tergantung\r\npada kualitas dan kuantitas kosa-kata yang dimiliki, semakin banyak kosa-kata yang\r\ndimiliki, maka semakin besar juga kemungkinan untuk terampil berbahas.\r\nJenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental\r\ndengan menggunakan pendektan kuantitatif, sedangkan instrumen penelitiannya\r\nmenggunakan test, angket dan dikuatkan dengan instrumen lain seperti dokumentasi dan\r\npedoman wawancara. Analisis datanya menggunakan uji T test dan dikuatkan dengan uji\r\nIndependen Samples T test.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa merasa antusias dengan\r\naplikasi strategi hafalan terbimbing yang digunakan oleh peneliti, terbukti 86,8 siswa\r\nmenjawab senang dalam angket yang sudah diajukan oleh peneliti kepada siswa kelas XIB.\r\nDan kemudian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil penerapan kedua\r\nstartegi yang berbeda, strategi hafalan terbimbing terhadap kosa-kata dan kalimatlah yang\r\nlebih efektif daripada yang tidak menggunakan strategi hafalan terbimbing. Pada Uji T\r\ntest, rata-rata hasil dari penerapan strategi hafalan MUFRADAH dan jumlah mufidah\r\nterbimbing yaitu 85,52 sedang pengajaran bahasa Arab yang tidak menggunakan strategi\r\nhafalan MUFRADAH dan jumlah mufidah terbimbing rata-rata 31,65. Dan pada uji\r\nIndependen Samples T test, terlihat rata-rata angka kenaikan nilai dari penerapan strategi\r\nhafalan MUFRADAH dan jumlah mufidah terbimbing 49.00, sedang pengajaran bahasa\r\nArab yang tidak menggunakan strategi hafalan MUFRADAH dan jumlah mufidah\r\nterbimbing rata-rata kenaikan nilai sebesar 28.28.\r\nKeywords: Strategi Hafalan MUFRADAH dan Jumlah Mufidah Terbimbing"^^ . "2013-11-11" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "PS - PENDIDIKAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 10.224.1231"^^ . "ALI IQBAL, S.PD.I."^^ . "NIM. 10.224.1231 ALI IQBAL, S.PD.I."^^ . . . . . . "APLIKASI STRATEGI HAFALAN MUFRADAH DAN JUMLAH MUFMUFIDDAH BAHASA ARAB TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENTERJEMAH (Studi Eksperimen Madrasah Aliyah YAPIKA Tanjungsari, Petanahan, Kebumen) (Text)"^^ . . . . . "APLIKASI STRATEGI HAFALAN MUFRADAH DAN JUMLAH MUFMUFIDDAH BAHASA ARAB TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENTERJEMAH (Studi Eksperimen Madrasah Aliyah YAPIKA Tanjungsari, Petanahan, Kebumen) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "APLIKASI STRATEGI HAFALAN MUFRADAH DAN JUMLAH MUFMUFIDDAH BAHASA ARAB TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENTERJEMAH (Studi Eksperimen Madrasah Aliyah YAPIKA Tanjungsari, Petanahan, Kebumen) (Other)"^^ . . . . . . "APLIKASI STRATEGI HAFALAN MUFRADAH DAN JUMLAH MUFMUFIDDAH BAHASA ARAB TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENTERJEMAH (Studi Eksperimen Madrasah Aliyah YAPIKA Tanjungsari, Petanahan, Kebumen) (Other)"^^ . . . . . . "APLIKASI STRATEGI HAFALAN MUFRADAH DAN JUMLAH MUFMUFIDDAH BAHASA ARAB TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENTERJEMAH (Studi Eksperimen Madrasah Aliyah YAPIKA Tanjungsari, Petanahan, Kebumen) (Other)"^^ . . . . . . "APLIKASI STRATEGI HAFALAN MUFRADAH DAN JUMLAH MUFMUFIDDAH BAHASA ARAB TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENTERJEMAH (Studi Eksperimen Madrasah Aliyah YAPIKA Tanjungsari, Petanahan, Kebumen) (Other)"^^ . . . . . . "APLIKASI STRATEGI HAFALAN MUFRADAH DAN JUMLAH MUFMUFIDDAH BAHASA ARAB TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENTERJEMAH (Studi Eksperimen Madrasah Aliyah YAPIKA Tanjungsari, Petanahan, Kebumen) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "APLIKASI STRATEGI HAFALAN MUFRADAH DAN JUMLAH MUFMUFIDDAH BAHASA ARAB TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENTERJEMAH (Studi Eksperimen Madrasah Aliyah YAPIKA Tanjungsari, Petanahan, Kebumen) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "APLIKASI STRATEGI HAFALAN MUFRADAH DAN JUMLAH MUFMUFIDDAH BAHASA ARAB TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENTERJEMAH (Studi Eksperimen Madrasah Aliyah YAPIKA Tanjungsari, Petanahan, Kebumen) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "APLIKASI STRATEGI HAFALAN MUFRADAH DAN JUMLAH MUFMUFIDDAH BAHASA ARAB TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENTERJEMAH (Studi Eksperimen Madrasah Aliyah YAPIKA Tanjungsari, Petanahan, Kebumen) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #12237 \n\nAPLIKASI STRATEGI HAFALAN MUFRADAH DAN JUMLAH MUFMUFIDDAH BAHASA ARAB TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENTERJEMAH (Studi Eksperimen Madrasah Aliyah YAPIKA Tanjungsari, Petanahan, Kebumen)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .