TY - THES N1 - Pembimbing : Winarti, M.Pd. Si ID - digilib12243 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12243/ A1 - YENI FARIDA , NIM. 08690031 Y1 - 2013/10/16/ N2 - Penelitian ini bertujuan: (1) Menganalisis penetapan standar KKM mata pelajaran Fisika kelas X untuk peserta didik difabel netra di sekolah inklusi. (2) Mengidentifikasi kendala-kendala pencapaian ketuntasan belajar Fisika peserta didik difabel netra. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk menganalisa dan menginterpretasikan data yang berupa fakta-fakta dari hasil penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif dianalisis mengunakan persentase kemudian diubah kedalam deskriptif kualitatif. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, dilakukan dengan cara membandingkan data hasil wawancara dengan hasil observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penetapan KKM dilakukan dengan melihat kompleksitas, daya dukung dan intake peserta didik. Setelah melakukan analisis KKM yang berlaku di sekolah dengan melihat kompleksitas peserta didik, daya dukung yang menunjang kebutuhan khusus peserta didik difabel netra dan intake peserta didik didapat nilai KKM sebesar 65 dan 64. (2) Kendala atau hambatan yang dialami peserta didik difabel netra dalam mencapai ketuntasan belajar diantaranya adalah cara pendidik membelajarkan Fisika kepada peserta didik difabel netra, metode pembelajaran, sumber belajar, kurangnya waktu Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), kesulitan peserta didik difabel netra dalam memahami materi Fisika yang banyak terdapat gambar, hitungan matematis Fisika dengan angka desimal. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata Kunci: Sekolah Inklusi KW - Difabel Netra KW - Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) M1 - skripsi TI - ANALISIS KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X UNTUK PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA SEKOLAH INKLUSI DI YOGYAKARTA AV - restricted ER -