eprintid: 12244 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/22/44 datestamp: 2014-04-29 01:52:44 lastmod: 2016-02-05 07:26:36 status_changed: 2014-04-29 01:52:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: YULI FATMAWATI, NIM. 08690042 title: PENGEMBANGAN SSP (SUBJECT SPESIFIC PEDAGOGY) IPA TERPADU TIPE SHARED BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE UNTUK KELAS VII DENGAN TEMA “ENERGI KALOR DALAM KEHIDUPAN” ispublished: pub subjects: Pen_fis divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci : SSP (Subject Specific Pedagogy), IPA Terpadu, Tipe Shared, Model Learning Cycle. note: Pembimbing : Widodo Setiyo Wibowo, M.Pd.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik produk dan proses dari SSP (Subject Specific Pedagogy) IPA Terpadu SMP/MTs kelas VII semester gasal, (2) mengetahui kualitas SSP (Subject Specific Pedagogy) IPA Terpadu dengan Tema Energi Kalor dalam Kehidupan menurut ahli perangkat pembelajaran dan guru IPA SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model prosedural yang mengadaptasi model 4-D, yakni Define, Design, Develop, and Disseminate. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian kualitas SSP yaitu menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist. Instrumen untuk guru IPA SMP/MTs berupa lembar penilaian kualitas yaitu menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist. Data yang didapatkan pada penelitian ini adalah data proses pengembangan produk dan data kualitas produk yang dihasilkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian,(1) Karakteristik dari produk SSP adalah perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, Buku Siswa, LKS, dan Lembar Penilaian yang menggunakan Tipe Shared berbasis Model Learning Cycle 3e (2) Kualitas SSP (Subject Specific Pedagogy) IPA Terpadu Tipe Shared Berbasis Learning Cycle yang dikembangkan menurut ahli perangkat pembelajaran memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 86,24%. Kualitas SSP menurut guru IPA SMP/MTs pada uji coba lapangan skala kecil adalah Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 81,14%, sedangkan pada uji coba lapangan skala besar adalah Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 82,77%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SSP (Subject Specific Pedagogy) yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu perangkat pembelajaran IPA Terpadu di SMP/MTs. date: 2013-10-18 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: YULI FATMAWATI, NIM. 08690042 (2013) PENGEMBANGAN SSP (SUBJECT SPESIFIC PEDAGOGY) IPA TERPADU TIPE SHARED BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE UNTUK KELAS VII DENGAN TEMA “ENERGI KALOR DALAM KEHIDUPAN”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12244/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12244/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf